skip to main content

PENERAPAN PEMERIKSAAN DAN TERAPI KOMPREHENSIF TERHADAP ANAK AUTIS

*D. Hermawati D. Hermawati  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
A. Utari A. Utari  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
D. R. Desiningrum D. R. Desiningrum  -  Fakultas Psikologi, Univeersitas Diponegoro, Indonesia
I. F Kristiana I. F Kristiana  -  Fakultas Psikologi, Univeersitas Diponegoro, Indonesia
S. M. H Faradz S. M. H Faradz  -  Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Penanganan terhadap 16 anak autis dilakukan selama bulan Oktober–Desember 2013, yaitu melalui berbagai tahapan pemeriksaan yaitu laboratorium, medis, dan diagnosa psikologis. Hasilnya 11 anak menunjukkan kesulitan komunikasi dan interaksi, serta mengarah pada hambatan emosi (marah, tantrum) dan sedang menjalani terapi wicara dan terapi bermain (PECS). 5 anak lain menunjukkan kesulitan perilaku (perilaku yang maladaptive, disertai dengan kesulitan komunikasi dan interaksi, dan sedang menjalani terapi perilaku (ABA, DIR, Floortime). Keseluruhannya baru berjalan masing-masing 1 sesi dari 10 sesi yang dijadwalkan sehingga perkembangan yang signifikan belum dapat disimpulkan. Para orangtua dari anak autis juga telah mendapatkan home training (dengan materi pelatihan terapi perilaku) untuk mengatasi kesulitan-kesulitan perilaku pada anak autis.

Fulltext View|Download
Keywords: terapi, anak dan autis

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.