skip to main content

Analisis Kepatuhan Penggunaan Obat Antiepilepsi pada Pasien Epilepsi Rawat Jalan di RSD KRMT Wongsonegoro Semarang : Studi Potong Lintang

*Intan Rahmania Eka Dini orcid  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Nora Fauziah Hanum  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Eva Annisaa  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Ragil Setiadianingati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 9 Sep 2024; Revised: 25 Sep 2024; Accepted: 29 Sep 2024; Available online: 1 Oct 2024; Published: 30 Sep 2024.
Open Access Copyright 2024 Generics: Journal of Research in Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Epilepsi merupakan salah satu penyakit neurologis yang kronis sehingga berdampak terhadap kualitas hidup penderita dan membutuhkan biaya yang cukup banyak.  Kepatuhan merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan terapi selain rasionalitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepatuhan serta hubungannya terhadap outcome klinis yaitu frekuensi kejang, Penelitian dilakukan pada pasien epilepsi rawat jalan di RSD Wongsonegoro kota semarang dengan desain cross sectional dengan jumlah sampel sebesar 46 pasien. Tingkat kepatuhan diukur dengan menggunakan kuisioner Medication Adherence Report scale (MARS 5) dan data dianalisis menggunakan fisher exact test .  Dari 46 pasien epilepsi rawat jalan didapatkan hasil kepatuhan tinggi sebesar 87% dan rendah sebesar 13%  dan hasil uji fisher exact menunjukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kepatuhan dengan frekuensi  kejang (p=0,214).

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.