skip to main content

Hubungan Persepsi dengan Perilaku Penggunaan Internet sebagai Media Pencarian Informasi Obat selama Pandemi Covid-19 pada Masyarakat di Kota Semarang

Dika Nurhafizha  -  Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Eva Annisaa'  -  Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ragil Setia Dianingati  -  Program Studi Farmasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 27 Aug 2023; Revised: 17 Sep 2023; Accepted: 2 Oct 2023; Available online: 16 Oct 2023; Published: 16 Oct 2023.
Open Access Copyright 2023 Generics: Journal of Research in Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat kian meningkat selama pandemi Covid-19. Hal ini tidak selalu memberikan dampak positif karena tidak semua informasi di internet adalah fakta sehingga pencarian informasi obat selama masa pandemi Covid-19 perlu kewaspadaan agar tidak terjebak dalam persepsi yang salah. Persepsi akan memengaruhi perilaku masyarakat setelah membaca informasi di internet. Mengetahui persepsi, perilaku, dan hubungan persepsi dengan perilaku penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat selama pandemi pada masyarakat Covid-19 di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling pada 108 orang masyarakat Kota Semarang. Uji statistik yang digunakan yaitu uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bawah persepsi masyarakat di Kota Semarang memiliki persepsi baik (44%), cukup (31%), dan kurang (26%). Perilaku masyarakat yang tergolong baik (44%), cukup (31%), dan kurang (26%). Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan perilaku penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat selama pandemi Covid-19 pada Masyarakat di Kota Semarang (nilai p = 0,000). Mayoritas responden memiliki perilaku dan persepsi yang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan perilaku penggunaan internet sebagai media pencarian informasi obat selama pandemi Covid-19 pada masyarakat di Kota Semarang.
Fulltext View|Download
Keywords: snowball sampling; observasional deskriptif; cross sectional; signifikan

Article Metrics:

  1. Arifin (2011) Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  2. Bidmon, S. and Terlutter, R. (2015) ‘Gender Differences in Searching for Health Information on the Internet and the Virtual Patient-Physician Relationship in Germany: Exploratory Results on How Men and Women Differ and Why’, Journal of Medical Internet Research, 17(6)
  3. Demirci, S. et al. (2021) ‘Socio-demographic characteristics affect health information seeking on the Internet in Turkey’, Health Information and Libraries Journal, 38(4), pp. 304–312
  4. Hesse, B.W., Nelson, D.E. and Kreps, G.L. (2005) ‘Trust and Sources of Health Information The Impact of the Internet and Its Implications for Health Care Providers: Findings From the First Health Information National Trends Survey’, Archives of Internal Medicine, 165(22), pp. 2618–2624
  5. Hurriyati, R. (2005) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta
  6. Kristina, S.A., Ekasari, M.P. and Muvitarina (2019) ‘Internet use for searching information on Health and Medicine: An Exploratory study among Indonesian Custome’, Research Journal of Pharmacy and Technology, 12(12), pp. 5927–5931
  7. Lombard, S. and Cosentino, M. (2016) ‘Internet Use for Searching Information on Medicines and Disease: A Community Pharmacy-Based Survey Among Adult Pharmacy Customers’, Interactive Journal of Medical Research, 5(3)
  8. Notoatmojo, S. (2003) Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  9. Nur, L. (2018) ‘Gambaran Penggunaan Internet dalam Mencari Informasi Kesehatan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) X’, The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 6(2)
  10. Olson, J. and Peter, J. (2000) Consumen Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
  11. Ruditya, A.N. and Chalidyanti, D. (2015) ‘Hubungan Karakteristik Individu terhadap Penilaian Kualitas Produk Apotek Rawat Jalan’, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia , 3(2)
  12. Sadeeqa, S. et al. (2013) ‘Knowledge, Attitude and Perception (KAP) Regarding Halal Pharmaceuticals Among General Public in Penang State of Malaysia’, International Journal of Public Health Science, 2(4), pp. 143–150
  13. Walgito, B. (2010) Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
  14. Zulfikar, I. (2018) Pemanfaatan Internet untuk Mencari Informasi Obat dan Penyakit. Universitas Gajah Mada

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.