skip to main content

ANALISIS TRANSAKSI E-COMMERCE DI FACEBOOK MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Mahasantri Dayah Darul Faizin Al-Aziziyah, Kota Lhokseumawe)

*MUHAMMAD ABRAR orcid  -  Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis. Perdagangan elektronik (e-commerce), khususnya melalui platform seperti Facebook Marketplace, memungkinkan terjadinya transaksi daring antar pengguna di wilayah tertentu. Penelitian ini mengkaji penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi e-commerce di Facebook Marketplace oleh mahasantri Dayah Darul Faizin Al-Aziziyah, Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan langsung terhadap pelaku usaha di platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam, seperti keadilan dan transparansi. Namun, masih terdapat kendala berupa ketidakjelasan harga, deskripsi produk, dan perubahan harga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, yang melanggar asas al-'adl (keadilan) dan gharar (ketidakpastian). Oleh karena itu, diperlukan peningkatan edukasi berbasis digital dan pembentukan komunitas untuk mendukung penerapan prinsip syariah dalam berbisnis. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan transaksi yang dilakukan dapat lebih adil, transparan, dan berkelanjutan.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Hasil Cek Turnitin
Subject
Type Research Instrument
  Download (6MB)    Indexing metadata
Keywords: E-commerce, Islamic Business Ethics, Facebook and Marketplace

Article Metrics:

  1. Abdurrahman, H. (2023). Peran media sosial dalam meningkatkan usaha mikro di kalangan mahasiswa: Studi kasus pada penggunaan Facebook Marketplace di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 102-112
  2. Akbar, M. A., Kamal, M., & Badaru, B. (2024). Efektivitas peran kepolisian terhadap penegakan hukum tindak pidana penipuan online di dunia maya. Journal of Lex Philosophy, 5(2), 877-893. Retrieved from https://pasca-umi.ac.id/index.php/jlp/article/view/1867
  3. Al-Ghazali, A. (2021). Etika bisnis dalam perspektif Islam dan implikasinya pada praktik e-commerce. Jurnal Ekonomi Islam, 5(4), 42-55
  4. Amalia, F. (2012). Implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di bazar Madinah Depok. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2), 1–33
  5. Amalia, N. F., & Azizah, N. I. (2023). Pengaruh etika bisnis Islam dalam online store. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.32493/jmab.v3i1.17236
  6. Amin, R., & Zainul, M. (2024). Islamic ethical business practices in digital economy: The case of online marketplaces. Journal of Islamic Digital Economy, 2(1), 34-47. https://doi.org/10.1108/jide-02-2024-0153
  7. Anindya, D. A. (2017). Pengaruh etika bisnis Islam terhadap keuntungan usaha pada wirausah di Desa Delitu Kecamatan Delitua. At-Tawassuth, 2, 384–412. https://doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1228
  8. Basyir, M. (2022). Etika bisnis Islam dan penerapannya dalam platform e-commerce. Jurnal Ekonomi Syariah, 10(1), 12-25
  9. Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
  10. Bryman, A. (2016). Social research methods (5th ed.). Oxford University Press
  11. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research methods in education (8th ed.). Routledge
  12. eCommerceDB. (2024). Proyeksi pertumbuhan e-commerce Indonesia tertinggi sedunia pada 2024. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/5e37cd96aa6dbab/ecdb-proyeksi-pertumbuhan-e-commerce-indonesia-tertinggi-sedunia-pada-2024
  13. Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model promosi marketplace berbasis artificial intelligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi), 8(3). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908
  14. Fauzi, A., & Prabowo, M. (2021). Analisis penggunaan media sosial untuk pemasaran usaha mikro: Kasus penggunaan Facebook Marketplace di kalangan mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 5(1), 88-98
  15. Fauzi, A., Wibowo, A. N. F., Marhadi, A., Prabaswara, B. A., Situmorang, B., Piliyanto, E. A., & Nugraha, R. E. (2023). Kejahatan penipuan jual beli online melalui media sosial. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(6), 968–974. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i6.1615
  16. Hardiati, N., & Rusyana, A. Y. (2021). Etika bisnis Rasulullah SAW sebagai pelaku usaha sukses dalam perspektif maqashid syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 513-518. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie
  17. Hart, C. (2018). Doing a literature review: Releasing the research imagination (2nd ed.). SAGE Publications
  18. Hasan, M., & Huda, N. (2023). The role of regulatory bodies in ensuring ethical business practices in e-commerce: A focus on Islamic business principles. International Journal of Islamic Economics and Finance, 6(3), 111-125. https://doi.org/10.1108/ijief-09-2022-0134
  19. Hutauruk, B. D. (2017). Analisis & perancangan aplikasi marketplace cinderamata khas Batak berbasis Android. Methodika.net, 3(1). https://doi.org/10.46880/mtk.v3i1.42
  20. Irawan, D., & Karlinda, R. (2023). Peran kewirausahaan dan e-commerce terhadap perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam perspektif ekonomi syariah di Kabupaten Pringsewu. ECo-Buss, 5(3), 1035–1044. https://doi.org/10.32877/eb.v5i3.665
  21. Juniarti, S. (2022). Transparansi dalam e-commerce: Perspektif bisnis Islam. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 7(1), 89-102
  22. Karishma W, Y., & Widiastuti, T. (2017). Etika bisnis Islam dalam pengelolaan bisnis di Pesantren Mukmin Mandiri. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(6), 464. https://doi.org/10.20473/vol4iss20176pp464-477
  23. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. (2023). Kemendag ramal transaksi e-commerce di RI tembus Rp533 triliun. https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/kemendag-ramal-transaksi-e-commerce-di-ri-tembus-rp533-triliun
  24. Khairunnisa, L. (2023). Penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi digital: Studi kasus di Facebook Marketplace. Jurnal Bisnis Syariah, 8(3), 48-59
  25. Kurniawati, A. D. (2019). Transaksi e-commerce dalam perspektif Islam. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 2(1). https://doi.org/10.21154/elbarka.v2i1.1662
  26. Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Sistem informasi manajemen mengelola perusahaan digital (13th ed.). Salemba Empat
  27. Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. SAGE Publications
  28. McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2010). Research in education: Evidence-based inquiry (7th ed.). Pearson
  29. Mollah, S., & Hassan, M. K. (2019). Islamic finance: Ethics, concepts, practice. Springer
  30. Nabila A’yun, Q. A., Chusma, N. M., Putri, C. N. A., & Latifah, F. N. (2021). Implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli online pada e-commerce popular di Indonesia. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1(2), 166–181. https://doi.org/10.30739/jpsda.v1i2.998
  31. Nadia, R., & Hermawan, S. (2024). Perilaku konsumen di platform digital: Studi kasus e-commerce berbasis media sosial. Jurnal Manajemen Digital, 19(1), 102-120
  32. Naranjo, J. (2014). Etos kerja pedagang etnis Madura di pusat grosir Surabaya ditinjau dari etika bisnis Islam. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
  33. Nasution, H., & Malik, R. (2023). Kepercayaan konsumen dalam transaksi digital. Journal of Business and Digital Commerce, 10(3), 78-95
  34. Rahmat, B. Z. (2017). Corporate social responsibility dalam perspektif etika bisnis Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 98–115. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2099
  35. Rini, I. (2021). Kepercayaan konsumen dalam transaksi e-commerce: Perspektif pengguna Facebook Marketplace. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 12(3), 135-142
  36. Rosidawati, I. (2017). Pelanggaran internet marketing pada kegiatan e-commerce dikaitkan dengan etika bisnis. Jurnal Hukum & Pembangunan, 43(1), 27-53. https://doi.org/10.21143/jhp.vol43.no1.1507
  37. Ruslang, R., Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika bisnis e-commerce Shopee berdasarkan maqashid syariah dalam mewujudkan keberlangsungan bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 665–677. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1412
  38. Samsudin, M., & Arif, H. (2023). Ketidaktransparanan dalam deskripsi produk di Facebook Marketplace: Dampaknya terhadap kepercayaan konsumen. Jurnal E-commerce dan Perilaku Konsumen, 8(2), 78-92
  39. Sari, D., & Nugroho, R. (2020). Digitalisasi ekonomi dalam era media sosial: Pemetaan penggunaan Facebook Marketplace oleh usaha mikro dan kecil. Jurnal Ekonomi Digital, 9(2), 45-58
  40. Setiawan, A., Taufik, D., & Aditya, A. (2022). Transformasi digital dalam bisnis mikro: Facebook Marketplace sebagai alternatif pengembangan usaha kecil di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Teknologi, 11(4), 151-161
  41. Suryani, D., & Wahyuni, D. (2023). Transparansi dalam bisnis Islam: Studi kasus pada transaksi di e-commerce. Journal of Islamic Business Ethics, 9(4), 100-112. https://doi.org/10.1109/jibe-09-2023-0426
  42. Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Sage
  43. Yusuf, H., & Rahim, F. (2021). Budaya tawar-menawar dalam e-commerce berbasis media sosial: Analisis pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 17(4), 134-145

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.