Pengalaman Informasi dalam Proses Pemilihan Gubernur Jawa Tengah

Faris Naufal Prastian, Heriyanto Heriyanto

Abstract


Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengadakan pemilihan umum untuk memilih calon gubernur dan wakil gubernur. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro sebagai pemilih muda menggunakan media sosial Instagram untuk mencari informasi seputar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, sebagai upaya untuk menunjang partisipasi mereka dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keragaman pengalaman informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro pada penggunaan Instagram dalam proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenografi. Penelitian ini melibatkan 10 partisipan mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Analisis data menggunakan analisis tematik untuk menemukan tema. Hasil penelitian mengungkapkan Instagram dimanfaatkan partisipan untuk mencari informasi mengenai profil kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, partisipan menggunakan beragam fitur Instagram  untuk melakukan pencarian informasi mengenai pemilihan Gubernur  dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, partisipan memiliki kesadaran terhadap sajian informasi seputar pemilihan Gubernur  dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024 yang ditampilkan Instagram, dan proses interaksi partisipan dengan informasi seputar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024 juga melibatkan aspek emosional.


Keywords


pengalaman informasi; pemilihan gubernur dan wakil gubernur; mahasiswa; instagram

References


Abdillah, F. M., & Zulhazmi, A. Z. (2021). Kampanye Digital, Politik Lokal, dan Media Sosial. IQTIDA : Journal of Da’wah and Communication, 1(1), 57–75. https://doi.org/10.28918/iqtida.v1i1.3752

Akbar, F. (2022). Social Media, Candidate Campaign And Quality Of Democracy: Overview Of The Attacking Campaign In Indonesian Elections. Jurnal Netralitas Dan Pemilu, 1(1), 25–39. https://doi.org/10.55108/JNP.v1i1.178http://journal.bawaslu.go.id/index.php/JNP

Braun, V., and Clarke, V. (2006). Demonstrating rigor in thematic analysis: A hybrid approach of inductive and deductive coding and theme development. International Journal of Qualitative Methods, 5(1), 80–92. Retrieved from http://www.ualberta.ca/*iiqm/backissues/5_1/pdf/fereday.pdf

Bruce, C., & Partridge, H. (2011). Identifying and Delineating Information Experience As a Research Domain: a Discussion Paper. Social Media & Information Practices Workshop

Bruce, C., Davis, K., Hughes, H., Partridge, H., & Stoodley, I. (2014). Information experience: Contemporary perspectives. Library and Information Science, 9, 3–15. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010001

Data Reportal. (2024). datareportal.com. Google. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Dommett, K. (2020). Introduction: Regulation and Oversight of Digital Campaigning—Problems and Solutions. Political Quarterly, 91(4), 705–712. https://doi.org/10.1111/1467-923X.12888

Elizamiharti, E., & Nelfira, N. (2023). Demokrasi Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Partisipasi Politik. Jurnal Riset Multidisiplin Dan Inovasi Teknologi, 2(01), 61–72. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.342

Febriansyah, F., & Muksin, N. N. (2020). Fenomena Media Sosial: Antara Hoaks, Destruksi Demokrasi, Dan Ancaman Disintegrasi Bangsa. Sebatik, 24(2), 193–200. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1091

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324

Hughes, H. (2014). Researching Information Experience: Methodological Snapshots. In Library and Information Science (Vol. 9, pp. 33–50). https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010004

Jannah, M., Rahayu, S., & Lexianingrum, P. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Edukasi Politik di Era Digital : Strategi Efektif Untuk Generasi Z. 2, 199–209. https://journal.csspublishing/index.php/ijm

Jateng, k. (2024). jateng.kpu.go.id. Google: https://jateng.kpu.go.id/blog/read/kpu-jateng gencarka

n-sosialisasi-tingkatkan-partisipasi-pemilih-muda-jate

ng-pilgub-2024

Katadata Insight Center. (2023). Politik Di Mata Anak Muda. Katadata Insight Center, 1–49. https://cdn1.katadata.co.id/media/files/2023/11/15/2023_11_15- 13_43_11_f6659cffe5beb220f147547a901e78a1.pdf.

Limilia, P., Gelgel, R. A., & (c), L. R. R. (2022). Digital Literacy Among Z Generation In Indonesia. https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.01.02.1

Lupton, M. (2014). Creating and Expressing: Information- As-It-Is-Experienced. In Library and Information Science (Vol. 9, pp. 69–84). https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010019

Molek-Kozakowska, K., & Kampka, A. (2021). Creative reconstructions of political imagery in an Instagram-based election campaign: implications for visual rhetorical literacy. Creativity Studies, 14(2), 307–322. https://doi.org/10.3846/cs.2021.14524

Mujiarto, C. A., Simamora, F., & Almaida, N. (2024). Pengaruh Terpaan Konten Politik Instagram @ bijakmemilih . id Terhadap Minat Memilih di Pemilu 2024 The Effect of Political Content Exposure Instagram @ bijakmemilih . id on Voting Interests in the 2024 Elections. 13(2), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/translitera.v13i2.3611

Partridge, H., & Yates, C. (2014). Researching information experience: Object and domain. Library and Information Science, 9, 19–32. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010002

Permana, A. A. (2022). Pengaruh Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(5), 200–209. https://doi.org/10.56393/decive.v2i5.1667

Pineda, A., Bellido-Pérez, E., & Barragán-Romero, A. I. (2022). “Backstage moments during the campaign”: The interactive use of Instagram by Spanish political leaders. New Media and Society, 24(5), 1133–1160. https://doi.org/10.1177/1461444820972390

Prasetyawan, Y. Y. (2020). Pengalaman Informasi Pemilih Pemula Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran Politik dalam Menentukan Pilihan Calon Presiden. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 21. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a3

Putri, S. A., & Dewi, A. O. P. (2023). Pengalaman Informasi Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro dalam Memanfaatkan Instagram untuk Menentukan Pilihan Perguruan Tinggi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.275-286

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. PT Grasindo, 146.

Reddy, V. (2014). Information experience in the context of information seeking methods by prospective students. Library and Information Science, 9, 295–311. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010015

Sheikh, S. A. (2024). Data and Democracy: Social Media Analytics in Political Campaign Strategies. International Journal of English Literature and Social Sciences, 9(1), 204–211. https://doi.org/10.22161/ijels.91.27

Shelyana, S., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Pengalaman Informasi Remaja Terhadap Alat Peraga Kampanye Pemilu 2019 di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26853

Sherman, B. (2014). Information Experiences: A Native Americanâ??s Perspective. In Library and Information Science (Vol. 9, pp. 135–150). https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010007

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).

Tasya, N. I., & Wasisto, J. (2024). Pengalaman Informasi Mahasiswa Terhadap Penerapan Layanan Penelusuran Informasi Berbasis Media Sosial Telegram “Sapa Pustakawan Online” di UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. 8(3), 349–362. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/anuva.8.3.349-362

Thulhidjah, M., Hilmiah, M., & Nurdyansa. (2024). Perilaku Penyebaran Berita Hoax Dan Hate Speech Di Kalangan Mahasiswa Di Media Sosial Instagram. Core : Journal of Communication Science, 2(2), 8–22. https://doi.org/https://doi.org/10.47650/core.v2i2.1378


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.4.612-626