Pengalaman Informasi dalam Proses Pemilihan Gubernur Jawa Tengah
Abstract
Pada tahun 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengadakan pemilihan umum untuk memilih calon gubernur dan wakil gubernur. Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro sebagai pemilih muda menggunakan media sosial Instagram untuk mencari informasi seputar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, sebagai upaya untuk menunjang partisipasi mereka dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keragaman pengalaman informasi mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro pada penggunaan Instagram dalam proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenografi. Penelitian ini melibatkan 10 partisipan mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Analisis data menggunakan analisis tematik untuk menemukan tema. Hasil penelitian mengungkapkan Instagram dimanfaatkan partisipan untuk mencari informasi mengenai profil kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, partisipan menggunakan beragam fitur Instagram untuk melakukan pencarian informasi mengenai pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024, partisipan memiliki kesadaran terhadap sajian informasi seputar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024 yang ditampilkan Instagram, dan proses interaksi partisipan dengan informasi seputar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2024 juga melibatkan aspek emosional.
Keywords
References
Abdillah, F. M., & Zulhazmi, A. Z. (2021). Kampanye Digital, Politik Lokal, dan Media Sosial. IQTIDA : Journal of Da’wah and Communication, 1(1), 57–75. https://doi.org/10.28918/iqtida.v1i1.3752
Akbar, F. (2022). Social Media, Candidate Campaign And Quality Of Democracy: Overview Of The Attacking Campaign In Indonesian Elections. Jurnal Netralitas Dan Pemilu, 1(1), 25–39. https://doi.org/10.55108/JNP.v1i1.178http://journal.bawaslu.go.id/index.php/JNP
Braun, V., and Clarke, V. (2006). Demonstrating rigor in thematic analysis: A hybrid approach of inductive and deductive coding and theme development. International Journal of Qualitative Methods, 5(1), 80–92. Retrieved from http://www.ualberta.ca/*iiqm/backissues/5_1/pdf/fereday.pdf
Bruce, C., & Partridge, H. (2011). Identifying and Delineating Information Experience As a Research Domain: a Discussion Paper. Social Media & Information Practices Workshop
Bruce, C., Davis, K., Hughes, H., Partridge, H., & Stoodley, I. (2014). Information experience: Contemporary perspectives. Library and Information Science, 9, 3–15. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010001
Data Reportal. (2024). datareportal.com. Google. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Dommett, K. (2020). Introduction: Regulation and Oversight of Digital Campaigning—Problems and Solutions. Political Quarterly, 91(4), 705–712. https://doi.org/10.1111/1467-923X.12888
Elizamiharti, E., & Nelfira, N. (2023). Demokrasi Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Partisipasi Politik. Jurnal Riset Multidisiplin Dan Inovasi Teknologi, 2(01), 61–72. https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.342
Febriansyah, F., & Muksin, N. N. (2020). Fenomena Media Sosial: Antara Hoaks, Destruksi Demokrasi, Dan Ancaman Disintegrasi Bangsa. Sebatik, 24(2), 193–200. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1091
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
Hughes, H. (2014). Researching Information Experience: Methodological Snapshots. In Library and Information Science (Vol. 9, pp. 33–50). https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010004
Jannah, M., Rahayu, S., & Lexianingrum, P. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Edukasi Politik di Era Digital : Strategi Efektif Untuk Generasi Z. 2, 199–209. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
Jateng, k. (2024). jateng.kpu.go.id. Google: https://jateng.kpu.go.id/blog/read/kpu-jateng gencarka
n-sosialisasi-tingkatkan-partisipasi-pemilih-muda-jate
ng-pilgub-2024
Katadata Insight Center. (2023). Politik Di Mata Anak Muda. Katadata Insight Center, 1–49. https://cdn1.katadata.co.id/media/files/2023/11/15/2023_11_15- 13_43_11_f6659cffe5beb220f147547a901e78a1.pdf.
Limilia, P., Gelgel, R. A., & (c), L. R. R. (2022). Digital Literacy Among Z Generation In Indonesia. https://doi.org/10.15405/epsbs.2022.01.02.1
Lupton, M. (2014). Creating and Expressing: Information- As-It-Is-Experienced. In Library and Information Science (Vol. 9, pp. 69–84). https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010019
Molek-Kozakowska, K., & Kampka, A. (2021). Creative reconstructions of political imagery in an Instagram-based election campaign: implications for visual rhetorical literacy. Creativity Studies, 14(2), 307–322. https://doi.org/10.3846/cs.2021.14524
Mujiarto, C. A., Simamora, F., & Almaida, N. (2024). Pengaruh Terpaan Konten Politik Instagram @ bijakmemilih . id Terhadap Minat Memilih di Pemilu 2024 The Effect of Political Content Exposure Instagram @ bijakmemilih . id on Voting Interests in the 2024 Elections. 13(2), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/translitera.v13i2.3611
Partridge, H., & Yates, C. (2014). Researching information experience: Object and domain. Library and Information Science, 9, 19–32. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010002
Permana, A. A. (2022). Pengaruh Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(5), 200–209. https://doi.org/10.56393/decive.v2i5.1667
Pineda, A., Bellido-Pérez, E., & Barragán-Romero, A. I. (2022). “Backstage moments during the campaign”: The interactive use of Instagram by Spanish political leaders. New Media and Society, 24(5), 1133–1160. https://doi.org/10.1177/1461444820972390
Prasetyawan, Y. Y. (2020). Pengalaman Informasi Pemilih Pemula Menggunakan Media Sosial sebagai Sarana Pembelajaran Politik dalam Menentukan Pilihan Calon Presiden. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 21. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a3
Putri, S. A., & Dewi, A. O. P. (2023). Pengalaman Informasi Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro dalam Memanfaatkan Instagram untuk Menentukan Pilihan Perguruan Tinggi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 275–286. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.275-286
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. PT Grasindo, 146.
Reddy, V. (2014). Information experience in the context of information seeking methods by prospective students. Library and Information Science, 9, 295–311. https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010015
Sheikh, S. A. (2024). Data and Democracy: Social Media Analytics in Political Campaign Strategies. International Journal of English Literature and Social Sciences, 9(1), 204–211. https://doi.org/10.22161/ijels.91.27
Shelyana, S., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Pengalaman Informasi Remaja Terhadap Alat Peraga Kampanye Pemilu 2019 di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26853
Sherman, B. (2014). Information Experiences: A Native Americanâ??s Perspective. In Library and Information Science (Vol. 9, pp. 135–150). https://doi.org/10.1108/S1876-056220140000010007
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).
Tasya, N. I., & Wasisto, J. (2024). Pengalaman Informasi Mahasiswa Terhadap Penerapan Layanan Penelusuran Informasi Berbasis Media Sosial Telegram “Sapa Pustakawan Online” di UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. 8(3), 349–362. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/anuva.8.3.349-362
Thulhidjah, M., Hilmiah, M., & Nurdyansa. (2024). Perilaku Penyebaran Berita Hoax Dan Hate Speech Di Kalangan Mahasiswa Di Media Sosial Instagram. Core : Journal of Communication Science, 2(2), 8–22. https://doi.org/https://doi.org/10.47650/core.v2i2.1378
DOI: 10.14710/anuva.9.4.612-626