skip to main content

ANALISIS HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT DI PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO TAHUN 2021-2022 : FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAN TINDAK LANJUTNYA

*Indrawan Gambiro  -  Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Indonesia
Nina Kristiana  -  Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Kepuasan masyarakat sangat penting dalam keberlangsungan layanan perpustakaan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna perpustakaan, maka perlu diselenggarakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Perpustakaan Proklamator Bung Karno sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik mengadakan Survei Kepuasan Masyarakat dengan mengacu pada Peraturan Menteri PANRB No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis hasil SKM di Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi hasil survei serta tindak lanjutnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada 2021 dan 2022 mayoritas unsur penilaian kepuasan telah meraih indeks nilai kategori Mutu Pelayanan A (Sangat Baik). Hal ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Proklamator Bung Karno terus berupaya untuk meningkatkan kinerjanya demi memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat (pemustaka). Namun demikian, ada satu unsur yang perlu diperhatikan yaitu Kebutuhan Informasi (U6) yang masih dalam kategori Mutu Pelayanan B (Baik).

 

Kata Kunci: Survei Kepuasan Masyarakat.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.