skip to main content

Perkembangan Kognitif Tokoh Ima pada Buku Serial Anak Adab Sehari-Hari Seri Kelima Adab Berbicara: Kuda Impian Ima Karya Oky E. Noorsari (Kajian Perkembangan Kognitif Vygotsky)

"Department of Indonesian Literature, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275"., Indonesia

Accepted: 1 Oct 2024; Published: 31 Oct 2024.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini menganalisis perkembangan kognitif tokoh fiksi dalam buku serial anak Adab Sehari-hari seri kelima berjudul Adab Berbicara: Kuda Impian Ima karya Oky E. Noorsari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan kognitif tokoh Ima berdasarkan teori perkembangan kognitif Vygotsky. Ima, tokoh utama, mengalami perkembangan kognitif melalui interaksi sosial dengan tokoh lain yang lebih berpengetahuan. Proses ini dianalisis melalui konsep zona perkembangan proksimal (Zone of Proximal Development atau ZPD) Vygotsky, yang menunjukkan bahwa bimbingan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengetahuan sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman sosial Ima. Cerita ini tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk mendukung pemahaman tentang perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang positif sangat berperan dalam perkembangan kognitif dan pembentukan karakter anak, menjadikan buku ini sebagai sumber belajar yang berharga dalam pendidikan karakter anak.

Kata kunci: sastra anak, perkembangan kognitif, Vygotsky, Adab Berbicara: Kuda Impian Ima

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (242KB)    Indexing metadata
Keywords: Sastra anak, perkembangan kognitif, Vygotsky, Adab Berbicara: Kuda Impian Ima

Article Metrics:

  1. Anafiah, Siti. (2015). “Pemanfaatan Sastra Anak Sebagai Media Penumbuhan Budi Pekerti”. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(1), 267-271. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  2. Ardiati, Lucy. (2021). “Perbandingan Teori Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Jean Piaget dan Lev Vygotsky serta Relevansinya terhadap Pendidikan Islam”. Tesis S-2 Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agam Islam Negeri Bengkulu
  3. Cahyati, Nur. (2019). “Representasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Utama dalam Sastra Anak Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari: Kajian Strukturalisme”. Skripsi S-1 Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
  4. Devianty, Rina. (2017). “Membangun Karakter Anak melalui Sastra”. Jurnal Raudhah: V (1), 2338 – 2163
  5. Etnawati, Susanti. (2021). “Teori Vygotsky Tentang Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan 22 (2), 130-138
  6. Farahiba, Ayyu S. (2017). “Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar”. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 1(1), 47-60. Universitas Brawijaya
  7. Fiantika, Feny Rita, dkk. (2022) Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi
  8. Fitroh, Siti Fadjryana & Sari. (2015). “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini”. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura
  9. Hayati, Yenni. (2015). “Menuliskan (Kembali) Sastra Anak dalam Sejarah Sastra Indonesia”. Seminar Internasional Sastra Bandung 2015: Sastra Kita: Kini, Dulu, dan Nanti. Sumedang: Unpad Press
  10. Krissandi, Apri D.S., dkk. (2018). Sastra Anak: Media Pembelajaran Sastra Anak. Yogyakarta. Bakul Buku Indonesia
  11. Latifah, Nur dkk. (2021). Pengantar Sastra Anak. Jakarta: Universitas Trilogi
  12. Munaris. (2020). “Sastra Anak sebagai Sarana Pendidikan Karakter di Sekolah”. Jurnal KATA (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya). Universitas Lampung
  13. Noor, Redyanto. (2019). Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: Fasindo
  14. Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  15. _____. (2021). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Cetakan Keenam (Edisi Revisi). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  16. Oktasari, Anisa F. & Kasanova, Ria. (2023). “Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Sastra Anak”. Journal on Education, 5(4), 12017- 12025. Universitas Madura
  17. Panglipur, Purbarani J. & Listyaningsing, Eka. (2017). “Sastra Anak sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa dan Sastra untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter di Era Global”. Seminar Nasional PS PBSI FKIP Universitas Jember
  18. Rosid, Abdul. (2021). “Nilai-Nilai dalam Sastra Anak sebagai Sarana Pembentukan Karakter”. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), 7-10. Universitas Trunojoyo
  19. Sapdiani, Ratih dkk. (2018). “Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana”. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) 1(2), 101-114. IKIP Siliwangi
  20. Sardiana, Enda. (2020). Analisis Nilai Karakter yang Terkandung pada Buku Fabel Anak. Skripsi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh
  21. Suci, Yayu Tresna. (2018). “Menelaah Teori Vygotsky dan Interdepedensi Sosial sebagai Landasan Teori dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif di Sekolah Dasar”. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (Oktober 2018): 231-239. Universitas Pendidikan Indonesia
  22. Sutisna, Icam & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press
  23. Syarif, Muhammad. (2020). “Penggunaan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Materi Anggota Tubuh pada Siswa R.A Dayah Ilmi Lampoih Saka Kec. Peukan Baro Kabupaten Pidie”. Tarbiyatul-Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak 6(1), 27-42
  24. Toha-Sarumpaet, Riris K. (2010). Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional
  25. Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press
  26. Wardani, I. R., Zuani, M. I. P., & Kholis, N. (2023). “Teori Belajar Perkembangan Kognitif Lev Vygotsky dan Implikasinya Dalam Pembelajaran”. Dimar: Jurnal Pendidikan Islam 4 (2), 333-346

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.