"Department of Indonesian Literature, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275"., Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{WJSBB24903, author = {Akmal Pramudya and Laura Martini and Yuniardi Fadilah}, title = {Perkembangan Kognitif Tokoh Ima pada Buku Serial Anak Adab Sehari-Hari Seri Kelima Adab Berbicara: Kuda Impian Ima Karya Oky E. Noorsari (Kajian Perkembangan Kognitif Vygotsky)}, journal = {Wicara: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya}, volume = {3}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Sastra anak, perkembangan kognitif, Vygotsky, Adab Berbicara: Kuda Impian Ima}, abstract = { Penelitian ini menganalisis perkembangan kognitif tokoh fiksi dalam buku serial anak Adab Sehari-hari seri kelima berjudul Adab Berbicara: Kuda Impian Ima karya Oky E. Noorsari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan kognitif tokoh Ima berdasarkan teori perkembangan kognitif Vygotsky. Ima, tokoh utama, mengalami perkembangan kognitif melalui interaksi sosial dengan tokoh lain yang lebih berpengetahuan. Proses ini dianalisis melalui konsep zona perkembangan proksimal ( Zone of Proximal Development atau ZPD ) Vygotsky, yang menunjukkan bahwa bimbingan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengetahuan sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman sosial Ima. Cerita ini tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk mendukung pemahaman tentang perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang positif sangat berperan dalam perkembangan kognitif dan pembentukan karakter anak, menjadikan buku ini sebagai sumber belajar yang berharga dalam pendidikan karakter anak. Kata kunci : sastra anak, perkembangan kognitif, Vygotsky, Adab Berbicara: Kuda Impian Ima }, issn = {2830-0904}, pages = {138--145} doi = {10.14710/wjsbb.2024.24903}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wicara/article/view/24903} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini menganalisis perkembangan kognitif tokoh fiksi dalam buku serial anak Adab Sehari-hari seri kelima berjudul Adab Berbicara: Kuda Impian Ima karya Oky E. Noorsari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan kognitif tokoh Ima berdasarkan teori perkembangan kognitif Vygotsky. Ima, tokoh utama, mengalami perkembangan kognitif melalui interaksi sosial dengan tokoh lain yang lebih berpengetahuan. Proses ini dianalisis melalui konsep zona perkembangan proksimal (Zone of Proximal Development atau ZPD) Vygotsky, yang menunjukkan bahwa bimbingan dari orang dewasa atau teman sebaya yang lebih berpengetahuan sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berbicara dan pemahaman sosial Ima. Cerita ini tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk mendukung pemahaman tentang perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang positif sangat berperan dalam perkembangan kognitif dan pembentukan karakter anak, menjadikan buku ini sebagai sumber belajar yang berharga dalam pendidikan karakter anak.
Kata kunci: sastra anak, perkembangan kognitif, Vygotsky, Adab Berbicara: Kuda Impian Ima
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
You are free to:
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Notices:
View My Stats