1Department of Indonesian Literature, Universitas Diponegoro, Indonesia
2Department of Literature, Diponegoro University, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{WJSBB22621, author = {Muhammad Inzaghi and Mulyo Purnomo and Siti Komariya}, title = {Realisme Magis dalam Film Jagat Arwah Karya Ruben Adrian (Tinjauan Lima Karakteristik Realisme Magis Wendy B. Faris)}, journal = {Wicara: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya}, volume = {3}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {Realisme Magis; Wendy B. Faris; Film; Jagat Arwah}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk/wujud realisme magis dalam film Jagat Arwah karya Ruben Adrian berdasarkan lima karakteristik realisme magis Wendy B. Faris dengan pendekatan objektif sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Jagat Arwah merupakan film yang mengandung realisme magis. Hal ini dibuktikan dengan adanya wujud elemen tidak tereduksi terdapat pada adanya peristiwa magis yaitu ritual perpindahan Raga dan mitos mengenai sedulur papat limo pancer . Elemen dunia fenomenal dapat dilihat pada adanya penggunaan benda nyata salah satunya handphone Nokia dan motor Grand Astrea. Wujud keraguan tidak menentu terdapat pada tempat Hutan Kematian dan Gedung Aseng. Elemen penggabungan alam dapat dilihat ketika Pak Le mampu menghirup arwah jahat. Wujud elemen gangguan waktu, ruang, dan identitas terdapat pada kemampuan Raga menghentikan Waktu, perpindahan ruang pada ritual, dan fenomena kerasukan pada tokoh Kus dan sopir. }, issn = {2830-0904}, pages = {82--90} doi = {10.14710/wjsbb.2024.22621}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wicara/article/view/22621} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk/wujud realisme magis dalam film Jagat Arwah karya Ruben Adrian berdasarkan lima karakteristik realisme magis Wendy B. Faris dengan pendekatan objektif sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Jagat Arwah merupakan film yang mengandung realisme magis. Hal ini dibuktikan dengan adanya wujud elemen tidak tereduksi terdapat pada adanya peristiwa magis yaitu ritual perpindahan Raga dan mitos mengenai sedulur papat limo pancer. Elemen dunia fenomenal dapat dilihat pada adanya penggunaan benda nyata salah satunya handphone Nokia dan motor Grand Astrea. Wujud keraguan tidak menentu terdapat pada tempat Hutan Kematian dan Gedung Aseng. Elemen penggabungan alam dapat dilihat ketika Pak Le mampu menghirup arwah jahat. Wujud elemen gangguan waktu, ruang, dan identitas terdapat pada kemampuan Raga menghentikan Waktu, perpindahan ruang pada ritual, dan fenomena kerasukan pada tokoh Kus dan sopir.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
You are free to:
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Notices:
View My Stats