skip to main content

Penggunaan Ragam Bahasa Ken dalam Siaran Langsung Media Sosial TikTok: Kajian Sosiolinguistik

1Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

2Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Accepted: 1 Apr 2024; Published: 30 Apr 2024.

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Ragam bahasa ken digunakan oleh pengemis untuk meminta-minta dan mengharapkan belas kasihan dari mitra tuturnya. Perkembangan teknologi membuat pengemis yang sebelumnya hanya meminta-minta di jalanan dan rumah ke rumah kini dapat mengemis secara daring menggunakan fitur siaran langsung pada media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penggunaan ragam bahasa ken berbentuk tulis dan lisan dalam siaran langsung media sosial TikTok. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode simak. Selanjutnya, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik purposive sampling, teknik simak bebas libat cakap (SBLC), dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan referensial dengan teknik pilih unsur penentu. Hasil analisis data disajikan menggunakan metode informal. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi penggunaan ragam bahasa ken bentuk verbal dalam siaran langsung media sosial TikTok adalah dengan menggunakan istilah-istilah keagamaan dan menceritakan kesulitan yang dialami oleh penutur. Sementara itu, strategi penggunaan ragam bahasa ken bentuk non verbal dalam siaran langsung media sosial TikTok adalah dengan menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kebutuhan pokok, menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan pendidikan, dan memberikan panggilan istimewa kepada pemberi hadiah.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (207KB)    Indexing metadata
Keywords: Sosiolinguistik; Ragam Bahasa Ken; Media Sosial TikTok

Article Metrics:

  1. Anisa., Nurul Chamidah., & Ririn Risnawati. 2022. “Pengaruh Word Of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen”. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2): 131-143. Diunduh 5 Juni 2023
  2. Aslinda & Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama
  3. Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Irwan, Sahriana. 2016. “Mengemis sebagai Suatu Pekerjaan”. Jurnal Equilibrium, 4(1): 96-104. Diunduh 16 Mei 2023
  5. Mahsun. 2010. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: RajaGrafindo Persada
  6. Putrayasa, I Gusti Ngurah Ketut. 2018. Ragam Bahasa Indonesia. Denpasar: Universitas Udayana
  7. Soeparno. 2002. Dasar-Dasar Linguistik. Yogyakarta: Tiara Wacana
  8. Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis). Yogyakarta: Sanata Darma University Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.