Department of Literature, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{WJSBB19012, author = {Ciptanty Tsaaniatun and Sukarjo Waluyo and Laura Martini}, title = {Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Perkembangan Psikologi Remaja dalam Novel Anak Rantau Karya A. Fuadi}, journal = {Wicara: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya}, volume = {2}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Penelitian ini menganalisis unsur lingkungan sosial yang mempengaruhi keberhasilan proses perkembangan psikologi remaja tokoh Hepi dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi. Metode psikologi dan metode struktural digunakan dengan memanfaatkan kajian teori struktural fiksi, perkembangan psikologi remaja Elizabeth B. Hurlock, dan Teori Ekologi Urie Bronfenbrenner, serta menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dalam novel dan menyajikannya dalam bentuk penjelasan. Hasil penelitian struktural fiksi menunjukkan bahwa penggambaran tokoh penokohan dalam novel Anak Rantau ini sangat diperkuat dengan unsur latar dan alur. Analisis perkembangan psikologi remaja dari tokoh Hepi menunjukkan bahwa lingkungan sosial sekitarnya, yaitu mikrosistem (keluarga, teman sebaya, sekolah, lingkungan sekitar), mesosistem (keluarga dengan sekolah, keluarga dengan teman sebaya, teman sebaya dengan sekolah, keluarga dengan lingkungan sekitar, serta kelompok besar), eksosistem (keluarga dengan pekerjaan, keluarga besar, dan tetangga), makrosistem (adat istiadat dan agama), dan kronosistem (keluarga tanpa peran ibu), mempengaruhi keberhasilan dalam menemukan jati diri dan kebahagiaan masa remaja. Kata kunci: Anak Rantau , struktural, perkembangan psikologi, lingkungan sosial, remaja }, issn = {2830-0904}, pages = {140--148} doi = {10.14710/wjsbb.2023.19012}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wicara/article/view/19012} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini menganalisis unsur lingkungan sosial yang mempengaruhi keberhasilan proses perkembangan psikologi remaja tokoh Hepi dalam novel Anak Rantau karya A. Fuadi. Metode psikologi dan metode struktural digunakan dengan memanfaatkan kajian teori struktural fiksi, perkembangan psikologi remaja Elizabeth B. Hurlock, dan Teori Ekologi Urie Bronfenbrenner, serta menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dalam novel dan menyajikannya dalam bentuk penjelasan. Hasil penelitian struktural fiksi menunjukkan bahwa penggambaran tokoh penokohan dalam novel Anak Rantau ini sangat diperkuat dengan unsur latar dan alur. Analisis perkembangan psikologi remaja dari tokoh Hepi menunjukkan bahwa lingkungan sosial sekitarnya, yaitu mikrosistem (keluarga, teman sebaya, sekolah, lingkungan sekitar), mesosistem (keluarga dengan sekolah, keluarga dengan teman sebaya, teman sebaya dengan sekolah, keluarga dengan lingkungan sekitar, serta kelompok besar), eksosistem (keluarga dengan pekerjaan, keluarga besar, dan tetangga), makrosistem (adat istiadat dan agama), dan kronosistem (keluarga tanpa peran ibu), mempengaruhi keberhasilan dalam menemukan jati diri dan kebahagiaan masa remaja.
Kata kunci: Anak Rantau, struktural, perkembangan psikologi, lingkungan sosial, remaja
Article Metrics:
Last update:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
You are free to:
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Notices:
View My Stats