skip to main content

Analisis Wacana Kritis Sara Mills terhadap Novel Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Received: 28 Dec 2022; Accepted: 1 Apr 2024; Published: 30 Apr 2024.

Citation Format:
Abstract

Savitri, Karina. 2022. “Analisis Wacana Kritis Sara Mills Terhadap Novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo”. Skripsi ini ditulis di bawah bimbingan Dr. Suyanto, M.Si. Prodi S1 Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan wacana perempuan dalam tradisi kawin tangkap pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo, berdasarkan (1) representasi perempuan dalam tradisi kawin tangkap pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo pada tataran kata/frasa; (2) representasi perempuan dalam tradisi kawin tangkap pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo pada tataran kalimat; (3) representasi perempuan dalam tradisi kawin kawin tangkap pada novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo pada tataran wacana. Subjek dari penelitian ini adalah kutipan-kutipan novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo yang berkaitan dengan relasi gender dan merepresentasikan kedudukan perempuan dalam teks. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode Miles dan Huberman. Lalu, hasil analisis disajikan secara informal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan kata/frasa dan kalimat dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo telah berhasil mewacanakan perlawanan tokoh Magi Diela untuk keluar dari jeratan adat istiadat yang merenggut kemerdekaannya serta mendapatkan kedudukan setara dalam kehidupan sosial. Kemudian dalam tataran wacana, kontruksi perempuan dalam tradisi kawin tangkap ditempatkan dalam posisi subordinat dan inferior terhadap laki-laki. 

Fulltext View|Download
Keywords: Analisis Wacana Kritis; Kawin Tangkap; Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam; Representasi

Article Metrics:

  1. Eriyanto. 2009. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT. Lkis Printing Cemerlang
  2. Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2007. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks
  3. Mills, Sara. 1995. The Interface Series: Feminist Stylistics. London: Routledge
  4. _________. 2007. Diskursus Sebuah Piranti Analisis dalam Kajian Ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Qalam
  5. Purnomo, Dian. 2020. Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  6. Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.