skip to main content

Penerapan Urban Network Analysis Dalam Pengukuran Aksesibilitas Pejalan Kaki di Transit Oriented Development Dukuh Atas

Hafidha Aulia Setyanida  -  Universitas Trisakti, Indonesia
Endrawati Fatimah  -  Universitas Trisakti, Indonesia
*Martina Cecilia Adriana  -  Universitas Trisakti, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Transit Oriented Development (TOD) merupakan paradigma perencanaan perkotaan yang sedang berkembang pada kota-kota di dunia sebagai salah satu strategi untuk mencapai kota berkelanjutan, termasuk DKI Jakarta. Dukuh Atas adalah kawasan TOD percontohan di Jakarta karena memiliki infrastruktur pejalan kaki yang memadai.  Akan tetapi, masih sedikit masyarakat yang memilih untuk berjalan kaki dari dan ke stasiun untuk jarak yang dekat. Masyarakat cenderung menggunakan angkutan umum dan angkutan online sebagai first mile dan last mile. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat aksesbilitas kawasan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas terhadap pemilihan rute pejalan kaki. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif dilakukan dengan menggunakan Urban Network Analysis (UNA) yang merupakan metode spasial dalam menganalisis konektivitas, aksesibilitas, dan efisiensi jalur pejalan kaki.  Adapun UNA yang dilakukan terbagi kedalam empat indeks perhitungan, yaitu Reach, Betweenness, Closeness, dan Straighness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kawasan TOD Dukuh Atas indeks reach yang masih cenderung rendah dengan 53% dari total luas bangunan; indeks betweenness memiliki kecenderungan ke arah sedang–tinggi; indeks closeness yang rendah yang mengindikasikan kondisi yang baik; dan indeks straightness memiliki kecenderungan rendah. Nilai indeks yang tinggi diperlukan untuk mencapai fungsi maksimal bangunan stasiun sebagai simpul transit. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan agar stasiun memiliki nilai aksesibilitas yang tinggi.

Fulltext View|Download
Keywords: Aksesibilitas, Transit Oriented Development, Urban Network Analysis, Jakarta, Dukuh Atas

Article Metrics:

  1. Adriana, M. C. (2022). Potensi Pengembangan TOD di Kota Medan: Studi Kasus di Stasiun Medan. Tataloka, 24(1), 35–44. DOI: https://doi.org/10.14710/tataloka.24.1.35-44
  2. Ewing, R., & Cervero, R. (2010). Travel and the built environment. Journal of the American Planning Association, 76(3), 265–294. DOI: https://doi.org/10.1080/01944361003766766
  3. Iamtrakul, P., & Chayphong, S. (2024). Exploring Spatial Accessibility to Urban Activities Based on the Transit-Oriented Development Concept in Pathum Thani, Thailand. Sustainability (Switzerland) , 16(5). DOI: https://doi.org/10.3390/su16052195
  4. Iksanti, A. N. (2021). Walkability Design Study Using Urban Network Analysis in Tanah Abang Station Area Jakarta
  5. Irsal, R. M., Hasibuan, H. S., & Azwar, S. A. (2023). Spatial Modeling for Residential Optimization in Dukuh Atas Transit-Oriented Development (TOD) Area, Jakarta, Indonesia. Sustainability (Switzerland), 15(1). DOI: https://doi.org/10.3390/su15010530
  6. Jabbari, M., Fonseca, F., & Ramos, R. (2021). Accessibility and connectivity criteria for assessing walkability: An application in qazvin, iran. Sustainability (Switzerland), 13(7). DOI: https://doi.org/10.3390/su13073648
  7. Lestari, F., P. Nasution, A., Hakim, N., & Wahyudi, M. D. A. (2023). Kajian Karakteristik Pengguna MRT Stasiun Dukuh Atas BNI Kecamatan Tanah Abang Kota Jakarta Pusat. Retrieve from http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2117
  8. Litman, T. A. (2024). Evaluating Accessibility for Transportation Planning Evaluating Accessibility for Transportation Planning
  9. Martínez, M., Rojas, C., Condeço-Melhorado, A., & Carrasco, J. A. (2021). Accessibility Indicators for the Geographical Assessment of Transport Planning in a Latin American Metropolitan Area. Geographies, 1(2), 124–142. DOI: https://doi.org/10.3390/geographies1020008
  10. Mulyadi, A. M. (2020). Analisis Nilai Walkability Pada Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Transit Oriented Development (TOD). Jurnal Jalan-Jembatan, 37(2), 116–129
  11. Mulyadi, A. M., & Santosa, W. (2022). Tingkat Kepentingan dan Kualitas Fasilitas Pejalan Kaki dan Korelasinya Terhadap Walkability Pada Kawasan Transit Oriented Development Di Jakarta. Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia, 8(1), 27–38
  12. Pongprasert, P., & Kubota, H. (2019). TOD residents’ attitudes toward walking to transit station: a case study of transit-oriented developments (TODs) in Bangkok, Thailand. Journal of Modern Transportation, 27(1), 39–51. DOI: https://doi.org/10.1007/s40534-018-0170-1
  13. Rynjani, G. P. R. (2018). Analisa perilaku perjalanan pada kawasan transit oriented development di Dukuh Atas Provinsi DKI Jakarta. Retrieve from https://lib.ui.ac.id/detail?id=20485818&lokasi=lokal
  14. Sevtsuk, A., & Mekonnen, M. (2012). Urban network analysis. A new toolbox for ArcGIS. Revue internationale de géomatique, 22(2), 287–305. DOI: https://doi.org/10.3166/rig.22.287-305
  15. Shiddieqy, M. A. A., Fatimah, E., & Adriana, M. C. (2022). Upaya Peningkatan Fasilitas Pejalan Kaki Di Kawasan Dukuh Atas Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Bhuwana, 2(1), 31–44. https://doi.org/10.25105/bhuwana.v2i1.14461
  16. Sodri, A., Harmain, R., & Hasibuan, H. S. (2020). Model Spasial Lingkungan Buatan Kawasan Transit Oriented Development (TOD) DKI Jakarta Studi Kasus Kawasan TOD Dukuh Atas DKI Jakarta. Majalah Ilmiah GLOBe, 22(1), 41–50. DOI: https://doi.org/10.24895/MIG.2019.22-1.1157
  17. Southworth, M. (2005). Designing the Walkable City. Journal of Urban Planning and Development, 131(4), 246–257. DOI: https://doi.org/10.1061/(asce)0733-9488(2005)131:4(246)
  18. Tiarasari, R., & Kartidjo, W. (2021). Assesment of Pedestrian Walkability in the Urban Village with Urban Nework Analysis. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 738(1). DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/738/1/012065
  19. Wu, T., Li, M., & Zhou, Y. (2023). Measuring Metro Accessibility: An Exploratory Study of Wuhan Based on Multi-Source Urban Data. ISPRS International Journal of Geo-Information, 12(1), 18. DOI: https://doi.org/10.3390/ijgi12010018
  20. Zhang, M. (2025). Next-Gen TOD: Transforming Transit Oriented Development to Embrace New Challenges and Opportunities. Urban Rail Transit. DOI: https://doi.org/10.1007/s40864-025-00242-y

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.