Department of Aquaculture,Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{SAT22147, author = {Rahmad Aditya Salim and Tita Elfitasari and Dicky Harwanto}, title = {Strategi pemasaran hasil panen akuakultur pada berbagai level pokdakan di Kabupaten Banyumas}, journal = {Sains Akuakultur Tropis : Indonesian Journal of Tropical Aquaculture}, volume = {9}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = { Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) adalah kumpulan pembudidaya ikan yang terorganisir, mempunyai pengurus, aturan – aturan serta tumbuh dan berkembang atas dasar perasaan saling tertarik, karena kebutuhan akan tukar menukar informasi untuk saling melengkapi dan kesamaan kepentingan dan kesamaan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi dan sumberdaya) untuk mengembangkan usaha perikanan anggotanya. Pokdakan terbagi menjadi 3 level, yaitu level pemula, madya dan utama. Pemasaran merupakan bagian tak terpisahkan dari budidaya ikan karena dengan pemasaran produk yang diproduksi dapat sampai ke tangan kosumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan strategi pemasaran antara level pemula, madya dan utama. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Responden merupakan anggota pokdakan di Kabupaten Banyumas sejumlah 8 orang dan 1 informan sebagai penguji keabsahan sumber data penelitian. Hasil temuan penelitian menunjukkan perbedaan strategi pemasaran antar pokdakan lebih disebabkan karena kebijakan tiap-tiap pokdakan dalam mengenali dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi bukan disebabkan karena perbedaan level pokdakan. Tidak banyak perbedaan antara pokdakan level pemula dan madya dalam aspek pemasaran. }, issn = {2621-0525}, pages = {105--115} doi = {10.14710/sat.v9i1.22147}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/sat/article/view/22147} }
Refworks Citation Data :
Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) adalah kumpulan pembudidaya ikan yang terorganisir, mempunyai pengurus, aturan – aturan serta tumbuh dan berkembang atas dasar perasaan saling tertarik, karena kebutuhan akan tukar menukar informasi untuk saling melengkapi dan kesamaan kepentingan dan kesamaan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi dan sumberdaya) untuk mengembangkan usaha perikanan anggotanya. Pokdakan terbagi menjadi 3 level, yaitu level pemula, madya dan utama. Pemasaran merupakan bagian tak terpisahkan dari budidaya ikan karena dengan pemasaran produk yang diproduksi dapat sampai ke tangan kosumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan strategi pemasaran antara level pemula, madya dan utama. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Responden merupakan anggota pokdakan di Kabupaten Banyumas sejumlah 8 orang dan 1 informan sebagai penguji keabsahan sumber data penelitian. Hasil temuan penelitian menunjukkan perbedaan strategi pemasaran antar pokdakan lebih disebabkan karena kebijakan tiap-tiap pokdakan dalam mengenali dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi bukan disebabkan karena perbedaan level pokdakan. Tidak banyak perbedaan antara pokdakan level pemula dan madya dalam aspek pemasaran.
Article Metrics:
Last update:
Sains Akuakultur Tropis : Indonesian Journal of Tropical Aquaculture (e-ISSN: 2621-0525) is published by Aquaculture Department, Faculty of Fisheries and Marine Science, Diponegoro University
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats