Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Jalan Kartini, Semarang

*Retno Widjajanti  -  Department Urban and Regional Planning, Indonesia
Published: 20 Jul 2015.
Open Access

Citation Format:
Abstract
Dewasa ini, pertumbuhan PKL semakin tinggi terutama di daerah fungsional Kota Semarang. PKL masih dipandang sebagai hambatan lalu lintas dan penyebab degradasi kota. Kebijakan pemerintah terhadap PKL ditemukan tampaknya sama dari satu kota ke kota lain. Hal ini jauh dari reaksi pragmatis terhadap masalah PKL. Sebenarnya, esensi masalah tersebut adalah karena tidak ada referensi yang tepat dan rinci terhadap lokasi PKL. Hanya ada tindakan penentukan lokasi PKL yang benar-benar mempertimbangkan karakteristik PKL di setiap area fungsional, terutama pada kawasan perdagangan yang terletak di Jalan Kartini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji karakteristik aktivitas PKL di Jalan Kartini. Ruang aktivitas PKL menjadi penyebab dan akibat dari PKL memilih lokasi berjualan untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Pada akhirnya, artikel ini yang juga mewakili hasil penelitian, PKL di kawasan perdagangan berada di dekat tempat tinggal, pertokoan dan perkantoran. Hal tersebut membuat lokasi ini tinggi untuk dikunjungi.
Keywords: karakteristik aktivitas PKL; kawasan perdagangan

Article Metrics:

Last update: 2021-04-14 20:01:31

No citation recorded.

Last update: 2021-04-14 20:01:32

No citation recorded.