skip to main content

Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Pecinan, Semarang

1Departement of Urban and Regional Planning, Indonesia

2Faculty of Engineering, Indonesia

3Diponegoro University, Indonesia


Citation Format:
Abstract
Akhir-akhir ini, pertumbuhan PKL semakin tinggi terutama di daerah fungsional Kota Semarang. PKL masih dipandang sebagai hambatan lalu lintas dan penyebab degradasi kota. Kebijakan pemerintah terhadap PKL ditemukan tampaknya sama dari satu kota ke kota lain. Hal ini jauh dari reaksi pragmatis terhadap masalah PKL. Sebenarnya, esensi masalah tersebut adalah karena tidak ada referensi yang tepat dan rinci terhadap lokasi PKL. Penentukan lokasi PKL belum benar-benar mempertimbangkan karakteristik PKL di setiap area fungsional, khususnya di kawasan Pecinan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji karakteristik aktivitas PKL di kawasan Pecinan. Ruang aktivitas PKL sebagai penyebab dan akibat dari adanya memilih lokasi untuk berjualan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dari sudut pandang PKL dan persepsi pengunjung.
Pada akhirnya, artikel ini yang juga mewakili hasil penelitian ini. PKL di kawasan Pecinan berada di dekat tempat tinggal, pertokoaan dan perkantoran. Hal tersebut membuat lokasi ini tinggi untuk dikunjungi.
Fulltext View|Download
Keywords: karakteristik aktivitas PKL; kawasan Pecinan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.