1Department of Urban Regional Planning, Indonesia
2Faculty of Engineering, Indonesia
3Diponegoro University, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Ruang639, author = {Anita Ratnasari}, title = {Analisis Perubahan Penggunaan dan Harga Lahan di Koridor Semarang-Mranggen}, journal = {Ruang}, volume = {2}, number = {2}, year = {2016}, keywords = {Perubahan penggunaan lahan, harga lahan, koridor kota}, abstract = { Sistem transportasi dan penggunaan lahan mempunyai sifat saling mempengaruhi, perubahan sistem transportasi akan berpengaruh pada penggunaan lahan dan demikian sebaliknya. Penggunaan lahan yang terjadi di suatu wilayah cenderung bersifat dinamis. Sebab, perubahan penggunaan lahan di suatu wilayah merupakan cerminan upaya dan interaksi manusia dalam memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam beserta kondisi lingkungan yang menyertainya. Pola penggunaan lahan menjadi masukan ke dalam sistem transportasi. Distribusi guna lahan menghasilkan distribusi aktivitas, aktivitas ini membutuhkan interaksi spasial atau pergerakan. Hal ini dipertegas oleh Iacono bahwa struktur jaringan transportasi dan pola aktifitas merupakan determinan penting pada perubahan penggunaan lahan dan akhirnya mempengaruhi struktur spasial kota (Lacono & Levinson, 2011). }, issn = {2356-0088}, pages = {111--121} doi = {10.14710/ruang.2.2.621-630}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ruang/article/view/639} }
Refworks Citation Data :
Sistem transportasi dan penggunaan lahan mempunyai sifat saling mempengaruhi, perubahan sistem transportasi akan berpengaruh pada penggunaan lahan dan demikian sebaliknya. Penggunaan lahan yang terjadi di suatu wilayah cenderung bersifat dinamis. Sebab, perubahan penggunaan lahan di suatu wilayah merupakan cerminan upaya dan interaksi manusia dalam memanfaatkan dan mengelola sumberdaya alam beserta kondisi lingkungan yang menyertainya. Pola penggunaan lahan menjadi masukan ke dalam sistem transportasi. Distribusi guna lahan menghasilkan distribusi aktivitas, aktivitas ini membutuhkan interaksi spasial atau pergerakan. Hal ini dipertegas oleh Iacono bahwa struktur jaringan transportasi dan pola aktifitas merupakan determinan penting pada perubahan penggunaan lahan dan akhirnya mempengaruhi struktur spasial kota (Lacono & Levinson, 2011).
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Ruang, Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright includes the rights to reproduce and deliver the article in all forms and media.
Visitor Number:
Visitor Statistic
RUANGDepartment of Urban and Regional PlanningBuilding A, 3rd Floor. Faculty of Engineering - Diponegoro UniversityCampus UNDIP Tembalang 50275Telp. (024) 7460054, Ext. 105
Email: ruang@live.undip.ac.id