BibTex Citation Data :
@article{JP24954, author = {Lilis Wijayanti and Gemala Anjani and Fillah Fithra Dieny and Etika Ratna Noer and Fitriyono Ayustaningwarno and Nuryanto Nuryanto and Syafira Noor Pratiwi and Nadhea Alriessyanne Hindarta and Diana Nur Afifah}, title = {Building Anemia Awareness with Anemia Education for Female Students in A Boarding School In Semarang}, journal = {Proactive}, volume = {3}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {remaja, santri, putri, anemia}, abstract = { Latar Belakang : Santri putri merupakan salah satu kelompok usia yang rentan mengalami anemia. Sayangnya masih sedikit santri putri yang memahami tanda, bahaya dan cara pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai anemia untuk meningkatkan pengetahuan santri putri. Metode : Pengabdian ini dilakukan di Pondok Pesantren Madinah Munawwaroh Semarang pada tahun 2024 dengan responden sebanyak 40 santri putri. Intervensi yang diberikan adalah edukasi mengenai anemia dan games ranking satu. Pengetahuan mengenai anemia pada santri putri diukur dengan kuesioner dan dibandingkan rerata selisihnya sebelum dan setelah intervensi. Hasil : Terdapat peningkatan pengetahuan santri putri sebesar 41.1 poin setelah diberikan intervensi edukasi dan games ranking satu. Simpulan : Pemberian edukasi disertai games mampu meningkatkan pengetahuan gizi ibu secara signifikan. }, pages = {57--60} url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/proactive/article/view/24954} }
Refworks Citation Data :
Latar Belakang: Santri putri merupakan salah satu kelompok usia yang rentan mengalami anemia. Sayangnya masih sedikit santri putri yang memahami tanda, bahaya dan cara pencegahan anemia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai anemia untuk meningkatkan pengetahuan santri putri. Metode: Pengabdian ini dilakukan di Pondok Pesantren Madinah Munawwaroh Semarang pada tahun 2024 dengan responden sebanyak 40 santri putri. Intervensi yang diberikan adalah edukasi mengenai anemia dan games ranking satu. Pengetahuan mengenai anemia pada santri putri diukur dengan kuesioner dan dibandingkan rerata selisihnya sebelum dan setelah intervensi. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan santri putri sebesar 41.1 poin setelah diberikan intervensi edukasi dan games ranking satu. Simpulan: Pemberian edukasi disertai games mampu meningkatkan pengetahuan gizi ibu secara signifikan.
Last update: