BibTex Citation Data :
@article{Pasopati7721, author = {Sigit Sujatmika and Astuti Wijayanti and Devi Septiani and Dinar Andini}, title = {PENERAPAN PBL DI KELAS INKLUSI UNTUK MEMFASILITASI PESERTA DIDIK BERAGAM}, journal = {Jurnal Pasopati}, volume = {2}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {}, abstract = { Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan SMP Taman Dewasa Kumendaman. Lokasi mitra berada di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. SMP Taman Dewasa Kumendaman adalah sekolah reguler yang sudah membuka kelas inklusi. Namun, pada praktiknya masih terdapat banyak kendala. Kesiapan guru untuk menghadapi anak-anak dengan latar belakang kemampuan berpikir yang sangat berbeda dapat dikategorikan rendah. Metode pembelajaran yang telah digunakan selama ini dirasa belum mampu merangkul seluruh peserta didik di kelas inklusi. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman keragaman yang tepat dalam kelas inklusi kepada guru-guru dan melatihkan penerapan Problem Based Learning (PBL) pada guru. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah workshop mengenai pendidikan inlusif dan keragaman siswa serta PBL. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi kegiatan yang dilakukan dengan angket evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa ketercapaian pemahaman guru terhadap materi sebesar 90% dan kebermanfaatan kegiatan ini bagi guru 100% Kata kunci : PBL, Kelas Inklusi, Peserta Didik Beragam }, issn = {2685-886X}, doi = {10.14710/pasopati.2020.7721}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/7721} }
Refworks Citation Data :
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan SMP Taman Dewasa Kumendaman. Lokasi mitra berada di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. SMP Taman Dewasa Kumendaman adalah sekolah reguler yang sudah membuka kelas inklusi. Namun, pada praktiknya masih terdapat banyak kendala. Kesiapan guru untuk menghadapi anak-anak dengan latar belakang kemampuan berpikir yang sangat berbeda dapat dikategorikan rendah. Metode pembelajaran yang telah digunakan selama ini dirasa belum mampu merangkul seluruh peserta didik di kelas inklusi. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman keragaman yang tepat dalam kelas inklusi kepada guru-guru dan melatihkan penerapan Problem Based Learning (PBL) pada guru. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah workshop mengenai pendidikan inlusif dan keragaman siswa serta PBL. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi kegiatan yang dilakukan dengan angket evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa ketercapaian pemahaman guru terhadap materi sebesar 90% dan kebermanfaatan kegiatan ini bagi guru 100%
Kata kunci : PBL, Kelas Inklusi, Peserta Didik Beragam
Article Metrics:
Last update: