skip to main content

PENANAMAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS SISWA SD PEDESAAN MELALUI KURSUS BAHASA INGGRIS INTENSIF

*Gabriel Fredi Daar  -  Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kebijakan pemerintah yang tidak memasukan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib pada jenjang sekolah dasar menyebabkan siswa SD di pedesaan termasuk siswa SD di Desa Sambi Kecamatn Reok Barat NTT tidak mendapatkan ruang untuk mempelajari Bahasa Inggris. Keadaan ini menimbulkan dampak lanjutan yaitu siswa SD di desa Sambi mengalami kesulitan mempelajari bahasa Inggris saat berada di jenjang SMP. Selain itu, beberapa siswa SD yang dipercayakan mengikuti perlombaan tingkat kabupaten mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal bahasa Inggris yang pada dasarnya tidak mereka pelajari di sekolah. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk menanamkan dan memperkenalkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris kepada siswa SD Kelas 4-6 di desa Sambi dan mendorong terbentuknya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat tempat masyarakat Desa Sambi mendapatkan pengetahuan Bahasa Inggris melalui pendidikan non formal yang berkelanjutan. Kegiatan kursus dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanyajawab, simulasi, dialog practice, penggunaan permainan, bercerita, dan diskusi kelompok. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini yaitu 1) siswa memiliki pengetahuan dasar dan kemampuan berbicara Bahasa Inggris sederhana, 2) Terbentuknya wadah Pusat Kegiatan belajar Masyrakat tempat siswa SD mempelajari Bahasa Inggris secara berkelanjutan. Kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat desa Sambi yang diwujudkan dengan kerelaan masyarakat membentuk dan menyediakan tempat PKBM serta keterlibatan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: pengetahuan, keterampilan, bahasa Inggris, siswa SD, pedesaan
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan
  2. (2010). Apa dan bagaimana Pembinaan Kursus dan Kelembagaan. Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peendidikan Non formal dan informal Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan
  3. Hutauruk,Bertaria Sohnata. (2015). Children First Language Acquisition At Age 1-3 Years
  4. Old In Balata . IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 20, Issue 8, Ver. V, PP 51-57. www.iosrjournals.org . Diakses 29 Juni 2017
  5. Mulyati, Yeti. 2015. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD
  6. http://repository.ut.ac.id/3978/3/PDGK4101-M1.pdf. Diakses 19 Maret 2019
  7. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
  8. Sistem Pendidikan Nasional

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.