skip to main content

BIOMIMICRY CLASS PERANCANGAN PRODUK DENGAN BIOMIMICRY DESAIN SPIRAL PADA SARUNG TANGAN RENANG

*Ratna Purwaningsih scopus  -  Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) berupa penyelenggaraan ergonomic nasional camp untuk asisten laboratorium Rekayasa Sistem Kerja dan Ergonomi (RSKE) pada prodi prodi Teknik Industri di Indonesia. Lokasi pengabdian masyarakat di kampus Teknik Industri Undip dan di Bandungan Semarang. Pada kegiatan ini, tim dosen lab RSKE Teknik Industri Undip memberikan materi pada kelas ergo camp dengan topik biomimicry. Para asisten lab RSKE memerlukan materi biomimicry untuk memecahkan masalah konsep desain produk dengan menggunakan inspirasi dari alam agar diperoleh solusi yang lebih robust dan sustainable. Perancangan dan pengembangan produk adalah salah satu kompetensi lulusan Teknik Industri terutama pada bidang minat ergonomi. Asisten juga diminta mempraktekan metode biomimicry desain spiral ini pada perancangan produk case study yang dilombakan. Penilaian hasil rancangan dilakukan oleh panitia independent dan diumumkan dalam acara puncak ergo camp disertai penyerahan hadiah. Hasil rancangan para peserta menunjukkan bahwa Pelatihan biomimicry class telah memberikan sebuah ketrampilan baru dalam perancangan produk. Penjelasan case studi yang diberikan adalah perancangan sarung tangan renang dengan menerapkan selaput kaki katak untuk meningkatkan kecepatan berenang. Perancangan tersebut telah menghasilkan produk yang  telah diuji dan hasilnya telah dipamerkan dalam pameran teknologi Kemenristekdikti pada Agustus 2019 di Denpasar.
Fulltext View|Download
Funding: Industrial Engineering Department Diponegoro University

Article Metrics:

  1. Benyus, J. (2002) Biomimicry: Innovation Inspired by Nature. New York: William Morrow Paperbacks
  2. Booz, Allen, & Hamilton. (1982). New Product Management for the 1980s. New York: Booz, Allen & Hamilton, Inc
  3. Brookes, A. J., & Poole, D. (2004). Innovation in Architecture: A Path to The Future 1st Edition. New York: Spon Press
  4. Crawford, C. M. (1979). New Product Failure Rate - Facts and Fallacies. Research Management, 9-13
  5. Cooper, R. (2001). Winning at New Products: Accelerating The Process from Idea to Launch (3rd Ed.). Massachusetts: Perseus Publishing
  6. Fuller, R. B (1975) Synergetics, Macmillan Publishing Co
  7. Fuller, R. B., Kuromiya, K (1982) Critical Path, ‎St. Martin Press Griffin
  8. Green, P. E., & Krieger, A. M. (1985). Models and Heuristics for Product Line Selection. Marketing Science, 1-19
  9. Green, P. E., & Krieger, A. M. (1989). Recent Contribution to Optimal Product Positioning and Buyer Segmentation
  10. Hastrich, Carl (2006) “The Biomimicry Spiral,” Biomimicry Newsletter, the Biomimicry Guild, Vol. 4.1
  11. Korecki, S. A. (2008) Inspired Design: Using Interdisciplinarity and Biomimicry for Software Innovation. Michigan, Grand Valley State University
  12. Loch, C. H., & Kavadias, S. (2008). Handbook of New Product Development Management, First Edition. London: Routledge, European Journal of Operation Research, pp 127-141
  13. Runco, M. A. (2004) Creativity, Annual Review of Psychology 55 pp 657–687
  14. Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2004). Product Design and Development. New York: McGraw Hill

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.