BibTex Citation Data :
@article{Pasopati20571, author = {Suryoto Suryoto and Kartono Kartono and Ratna Herdiana}, title = {PEMANFAATAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG INTERAKTIF, MENARIK, DAN MENYENANGKAN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN}, journal = {Jurnal Pasopati}, volume = {5}, number = {4}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Matematika adalah ilmu dasar yang mengembangkan ilmu pengetahuan lainnya dan memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan perabadan manusia. Terlepas dari seberapa pentingnya matematika, label sulit dan abstraknya matematika menjadikan sebagian besar siswa tidak menyukai mata pelajaran ini. Media pembelajaran yang konvensional dan tidak menarik menjadikan siswa semakin frustasi, cemas, dan jenuh dalam mempelajari matematika. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru atau pengajar matematika agar dapat menyampaikan materi semenarik mungkin bagi para siswanya. Memasuki era normal baru setelah pandemi Covid-19, persoalan mendasar yang dialami sebagain besar siswa adalah masih belum move on dari pembelajaran daring, yang cenderung kurang menarik dan tidak interaktif, karena komunikasi dua arah belum terlaksana sepenuhnya. Selain itu media pembelajaran yang mendukung pemahaman materi, terutama mata pelajaran matematika perlu diberikan, mengingat semakin mendesaknya kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, pemanfaatan media pembelajaran yang membantu guru dan siswa dalam pembelajaran matematika agar proses pembelajaran berjalan interaktif, menarik, dan menyenangkan sangat diperlukan. Media yang diperkenalkan kepada siswa dalam membantu memahami materi adalah aplikasi GeoGebra. Pengenalan aplikasi GeoGebra ini bertujuan untuk memberikan visualisasi dan ilustrasi pada materi ajar matematika. Metode yang diterapkan adalah pelatihan dalam mengeksplorasikan beberapa fasilatas dalam GeoGebra dan praktek langsung di depan komputer atau laptop. Hasil yang diperoleh wawasan pengetahuan dalam memahami materi matematika dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Kata kunci : matematika, normal baru, aplikasi Geogebra }, issn = {2685-886X}, doi = {10.14710/pasopati.2023.20571}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/20571} }
Refworks Citation Data :
Matematika adalah ilmu dasar yang mengembangkan ilmu pengetahuan lainnya dan memberikan dampak yang signifikan pada perkembangan perabadan manusia. Terlepas dari seberapa pentingnya matematika, label sulit dan abstraknya matematika menjadikan sebagian besar siswa tidak menyukai mata pelajaran ini. Media pembelajaran yang konvensional dan tidak menarik menjadikan siswa semakin frustasi, cemas, dan jenuh dalam mempelajari matematika. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru atau pengajar matematika agar dapat menyampaikan materi semenarik mungkin bagi para siswanya. Memasuki era normal baru setelah pandemi Covid-19, persoalan mendasar yang dialami sebagain besar siswa adalah masih belum move on dari pembelajaran daring, yang cenderung kurang menarik dan tidak interaktif, karena komunikasi dua arah belum terlaksana sepenuhnya. Selain itu media pembelajaran yang mendukung pemahaman materi, terutama mata pelajaran matematika perlu diberikan, mengingat semakin mendesaknya kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, pemanfaatan media pembelajaran yang membantu guru dan siswa dalam pembelajaran matematika agar proses pembelajaran berjalan interaktif, menarik, dan menyenangkan sangat diperlukan. Media yang diperkenalkan kepada siswa dalam membantu memahami materi adalah aplikasi GeoGebra. Pengenalan aplikasi GeoGebra ini bertujuan untuk memberikan visualisasi dan ilustrasi pada materi ajar matematika. Metode yang diterapkan adalah pelatihan dalam mengeksplorasikan beberapa fasilatas dalam GeoGebra dan praktek langsung di depan komputer atau laptop. Hasil yang diperoleh wawasan pengetahuan dalam memahami materi matematika dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.
Kata kunci: matematika, normal baru, aplikasi Geogebra
Article Metrics:
Last update: