BibTex Citation Data :
@article{Pasopati15047, author = {Faiqotul Izzani and Ivan Wibowo and Rachma Maulidiani}, title = {PENINGKATAN PENGETAHUAN TERKAIT ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK DENGAN METODE WEBINAR}, journal = {Jurnal Pasopati}, volume = {5}, number = {4}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Anak-anak membutuhkan pengertian dan perhatian yang cukup dari orang tua. Kesalahpahaman dan kurangnya informasi yang dimiliki oleh orangtua dapat berdampak bagi perkembangan sang anak sehingga pemahaman orang tua terhadap kondisi-kondisi khusus anak sangat dibutuhkan. Salah satu kondisi yang terdapat dalam anak-anak merupakan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Menurut Wirrawani pada tahun 2007 di Indonesia terdapat 2%-4% anak yang mengalami gangguan ADHD di sekolah, sedangkan pada tahun 2013 Nurhidayati mengungkapkan bahwa terdapat 300 anak dari 1000 anak yang mengalami ADHD. Melalui data tersebut terlihat ada peningkatan jumlah anak yang mengalami ADHD sehingga pengetahuan dan kemampuan orang tua maupun guru untuk memahami ADHD harus ditingkatkan. Psikoedukasi ADHD dapat digunakan menjadi salah satu langkah promotif dalam memperluas wawasan orang tua dan pendidik. Program webinar yang dilakukan melalui zoom meeting membawa dampak yang efektif terhadap masyarakat karena terdapat peningkatan pengetahuan pada masyarakat—hal ini terbukti dengan peningkatan hasil tes pada peserta sebesar 15,5% yang menunjukkan peningkatanpengetahuan pada peserta. Rangkaian program webinar ini dapat memberi pengetahuan barumengenai ADHD secara umum, penyebab, dampak, dan treatment yang tepat terhadap anak yang mengalami ADHD sehingga output yang dihasilkan merupakan pemahaman yang komprehensif pada pendidik anak–yakni orang tua dan guru. Kata kunci : Psikoedukasi, webinar, ADHD, hiperaktivitas, anak-anak }, issn = {2685-886X}, doi = {10.14710/pasopati.2023.15047}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/15047} }
Refworks Citation Data :
Anak-anak membutuhkan pengertian dan perhatian yang cukup dari orang tua. Kesalahpahaman dan kurangnya informasi yang dimiliki oleh orangtua dapat berdampak bagi perkembangan sang anak sehingga pemahaman orang tua terhadap kondisi-kondisi khusus anak sangat dibutuhkan. Salah satu kondisi yang terdapat dalam anak-anak merupakan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Menurut Wirrawani pada tahun 2007 di Indonesia terdapat 2%-4% anak yang mengalami gangguan ADHD di sekolah, sedangkan pada tahun 2013 Nurhidayati mengungkapkan bahwa terdapat 300 anak dari 1000 anak yang mengalami ADHD. Melalui data tersebut terlihat ada peningkatan jumlah anak yang mengalami ADHD sehingga pengetahuan dan kemampuan orang tua maupun guru untuk memahami ADHD harus ditingkatkan. Psikoedukasi ADHD dapat digunakan menjadi salah satu langkah promotif dalam memperluas wawasan orang tua dan pendidik. Program webinar yang dilakukan melalui zoom meeting membawa dampak yang efektif terhadap masyarakat karena terdapat peningkatan pengetahuan pada masyarakat—hal ini terbukti dengan peningkatan hasil tes pada peserta sebesar 15,5% yang menunjukkan peningkatanpengetahuan pada peserta. Rangkaian program webinar ini dapat memberi pengetahuan barumengenai ADHD secara umum, penyebab, dampak, dan treatment yang tepat terhadap anak yang mengalami ADHD sehingga output yang dihasilkan merupakan pemahaman yang komprehensif pada pendidik anak–yakni orang tua dan guru.
Kata kunci : Psikoedukasi, webinar, ADHD, hiperaktivitas, anak-anak
Article Metrics:
Last update: