skip to main content

KORELASI ANTARA KADAR TNF-α PLASMA DENGAN NILAI KETEBALAN INTIMA MEDIA (KIM) ARTERI KAROTIS PADA PASIEN LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK (LES)

*Hesti Triwahyu Hutami  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Rahmayanti Hellmi  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Bantar Suntoko  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Suyanto Hadi  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Charles Limantoro  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Komplikasi dan mortalitas jangka panjang Lupus Eritematosus Sistemik (LES) berkaitan dengan penyakit vaskular dan aterosklerosis. Aterosklerosis secara klinis didahului dengan perubahan dinding arteri, yang disebut sebagai ketebalan intima media (KIM) dan pembentukan plak. KIM dapat diukur dengan menggunakan B-mode ultrasonography arteri karotis. Aterosklerosis merupakan prosen inflamasi yang dipengaruhi oleh sitokin inflamasi diantaranya TNF-α. Peran TNF-α cukup penting dalam penyakit LES, sehingga perlu dicari korelasi antara kadar TNF-α plasma dengan KIM arteri karotis pasien LES. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara kadar TNF-α plasma dengan KIM arteri karotis pasien LES di RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional. Subyek penelitian sebesar 32 orang, terdiri dari perempuan usia ≥18 tahun.Uji statistik dengan menggunakan uji beda t-test tidak berpasangan dan uji korelasi Rank Spearman. Selanjutnya ditentukan cut-of point kadar TNF-α plasma terhadap nilai KIM arteri karotis pasien LES.

Hasil: Dari semua subyek penelitian, didapatkan 20 orang (62,50%) mempunyai nilai KIM tebal. Tidak terdapat perbedaan kadar TNF- α plasma pada subjek pasien LES dengan nilai KIM tebal dan tidak tebal (p=0,405, 95%CI -2,34 s.d. .5,64). Tidak didapatkan korelasi bermakna antara kadar TNF-α plasma dengan nilai KIM arteri karotis pasien LES (p=0,075 ; r = -0,319). Subjek dengan kadar TNF-α plasma tinggi, didapatkan nilai KIM yang tebal sebanding dengan subjek dengan kadar TNF-α yang tidak tinggi (31,25% vs 31,25%). Tidak didapatkan nilai cut-of point kadar TNF-α plasma terhadap nilai KIM arteri karotis pasien LES.

Simpulan: Tidak terdapat perbedaan kadar TNF-α plasma pada subjek pasien LES dengan nilai KIM tebal dan tidak tebal Tidak didapatkan korelasi bermakna antara kadar TNF-α plasma dengan KIM arteri karotis pasien LES. Tidak didapatkan nilai cut-of point kadar TNF-α plasma terhadap nilai KIM arteri karotis pasien LES.

Fulltext View|Download
Keywords: Lupus Eritematosus Sistemik; TNF-α; Ketebalan Intima Media Arteri Karotis.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.