skip to main content

HUBUNGAN ANTARA RED BLOOD CELL DISTRIBUTION WIDTH DAN INDEK TROMBOSIT DENGAN FUNGSI GINJAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

*Erwin Farida  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Herniah AW  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Nyoman Suci W  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Red blood cell Distribution Width (RDW) mencerminkan proses patologis mendasari stres oksidatif, inflamasi kronis dan disfungsi endotel. Peningkatan aktivitas trombosit merangsang pelepasan prothrombotik dan proinflamasi pasien DM tipe 2 (DM2) dan perubahan morfologi trombosit berhubungan dengan peningkatan risiko komplikasi mikrovaskuler. Nefropati diabetik merupakan komplikasi mikrovaskuler DM2 dan didefinisikan sebagai penurunan progresif laju filtrasi glomerolus (LFG).

Metode: Metode penelitian belah lintang sekunder dari rekam medik bulan Januari sampai September 2017 di RSUP Dr.Kariadi, Semarang. Jumlah sampel 30 pasien. RDW, jumlah trombosit dan MPV diperiksa menggunakan Sysmex XN–1000 dan kadar ureum, kreatinin dengan alat ADVIA–1800. LFG dihitung dengan rumus Cockroft–Gault. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Terdapat korelasi negatif sedang antara RDW dan LFG (p=0,002, r=-0,533) sedangkan jumlah trombosit dan MPV tidak memiliki hubungan bermakna (p>0,05). Hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya bahwa meskipun mekanisme terjadinya peningkatan RDW belum sepenuhnya diketahui namun diduga berhubungan dengan stres oksidatif dalam patogenesis kerusakan fungsi ginjal pada DM2.

Simpulan: Peningkatan RDW berkorelasi sedang terhadap penurunan LFG yang mencerminkan gangguan fungsi ginjal pada pasien DM2 sedangkan indek trombosit diantaranya jumlah trombosit dan MPV tidak memiliki hubungan yang signifikan. Peningkatan RDW perlu diperhatikan sebagai deteksi komplikasi kronis mikrovaskuler pada pasien DM2.

Fulltext
Keywords: RDW; Jumlah trombosit; MPV; LFG; DM2

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.