skip to main content

THE CD 10AND PAS (PERIODIC ACID SCHIFF) EXPRESSIONS ON BASAL CELL CARCINOMA AT KARIADI HOSPITAL SEMARANG

*Meira Dewi K A  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Hermawan Istiadi  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Indra Wijaya  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Lebih dari 90% keganasan pada kulit merupakan tumor keratinocyte,dimana 70%-nya merupakan Basal cell carcinoma (BCC) dengan angka kejadian yang semakin meningkat.Diagnosis BCC yang tepat dengan menyingkirkan diagnosis bandingnya sangatlah diperlukan, menggunakan pemeriksaan CD10 dan pengecatan PAS. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemeriksaan CD10 dan PAS pada BCC untukpenegakan diagnosis BCC.

Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain case control.Sampel adalah 36 blok paraffin dari pasien tumor kulit yang telah didagnosis basal cell carcinoma di RSUP dr. Kariadi Semarang pada Januari 2014 hingga Desember 2016.Data yang diambil adalah ekspresi CD10 dan PAS.

Hasil: Sebanyak 30 dari 36 sampel menunjukkan ekspresi CD10 positif (83,3%). Pengecatan PASdari 36 sampel karsinoma sel basal, sebanyak 28 ekspresi PAS positif (77,8%). Uji chi square, menunjukkan perbedaan tidak bermakna antara ekspresi CD10 dan PAS pada karsinoma sel basal (p = 0,473).

Simpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara CD 10 dan PAS pada BCC, sehingga keduanya dapat dipakai untuk menyokong diagnosis BCC dan membedakan BCC dengan diagnosis bandingnya.

 

Kata Kunci: BCC, CD10, PAS

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.