skip to main content

EKSPRESI LATENT MEMBRAN PROTEIN-1 (LMP-1) EPSTEIN BARR VIRUS (EBV) PADA LIMFOMA MALIGNA

*Hapsari Galih Setyowati  -  Mahasiswa PPDS I Patologi Anatomi Fakultas, Indonesia
Udadi Sadhana  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Meira Dewi Kusuma  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Dik Puspasari  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Limfoma maligna menempati 3,37% dari seluruh keganasan di seluruh dunia. Insiden Limfoma maligna di dunia mengalami peningkatan dengan rata-rata 3-4% dalam 4 dekade terakhir. Kenaikan insiden Limfoma Non Hodgkin pada pria 6% dan wanita 4,1%. Limfoma Hodgkin 1,1% pada pria dan 0,7% pada wanita. Data dari Kementrian Kesehatan Indonesia pada tahun 2013, angka kejadian Limfoma di Indonesia sebesar 0,06% dengan estimasi 14.905 pasien. VEB memiliki peran pada perkembangan Neoplasma Limforetikuler sel B. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekspresi gen-gen laten VEB menyumbangkan perubahan fenotipe ganas, terutama LMP-1. Gen laten VEB ditemukan dapat merubah perkembangan sel, merubah fenotip dari sel, menginduksi proliferasi dan mencegah apoptosis.

Tujuan: mengetahui adanya ekspresi gen laten LMP-1 dari VEB pada Limfoma Maligna.

Metode: Populasi dan sampel penelitian diambil dari blok parafin Departemen Patologi Anatomi RSUP Dr. Kariadi, Semarang, Indonesia pada Januari 2015 sampai Mei 2017. Dua puluh (20) blok parafin yang telah didiagnosis dan dire-evaluasi sebagai Limfoma Non Hodgkin sel B dan Limfoma Hodgkin, dilakukan pemeriksaan imunohistokimia LMP-1. Data ekspresi LMP-1 dianalisis menggunakan uji Fisher’s Exact.

Hasil: Terdapat ekspresi LMP-1 positif pada 5 sampel (25%)  sediaan Limfoma Non Hodgkin sel B dan 3 sampel (15%) pada sediaan Limfoma Hodgkin, dengan Uji Fisher’s Exact memberikan hasil tidak terdapat perbedaan  bermakna (p = 0,325) dari ekspresi LMP-1 pada Limfoma Non Hodgkin sel B dan Limfoma Hodgkin.

 Simpulan: Tidak didapatkan perbedaan bermakna dari ekspresi LMP-1 pada Limfoma Non Hodgkin sel B dan Limfoma Hodgkin. 

 

Kata kunci: VEB, LMP-1, Limfoma Maligna, Limfoma Non Hodgkin sel B, Limfoma Hodgkin
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.