skip to main content

KAJIAN MENGENAI JENIS SPESIES MALASSEZIA DAN WARNA LESI PITIRIASIS VERSIKOLOR

*Widyawati Widyawati  -  Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/RS Dr Kariadi, Indonesia
Prasetyowati Prasetyowati  -  Dept Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Subakir Subakir  -  Dept Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pendahuluan: Pitiriasis versikolor (PV) merupakan infeksi jamur superfisial yang bersifat kronik, ditandai dengan adanya makula hipopigmentasi maupun hiperpigmentasi yang disertai dengan skuama halus. Terdapat 14 spesies Malassezia yang pada keadaan tertentu dapat berubah menjadi patogen dan menimbulkan beberapa kelainan pada kulit.

Tujuan: Mengetahui jenis spesies Malassezia pada lesi hipopigmentasi dan hiperpigmentasi pitiriasis versikolor

Material dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Dilakukan di sub bagian Dermatomikologi, Bagian/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin RSUP dr Kariadi Semarang serta laboratorium Mikrobiologi FK UNDIP/RS dr Kariadi Semarang, dengan 80 sampel. Lesi PV diidentifikasi berdasarkan perubahan warna. Dilakukan pemeriksaan mikroskopis kerokan kulit dan KOH 10%, kemudian dilakukan kultur disertai dengan pemeriksaan gambaran morfologi, pemeriksaan biokimiawi asimilasi Tween 20, 40, 60, 80. Analisis data dengan menggunakan Uji Chi Square.

Hasil Penelitian: Warna lesi yang paling banyak didapatkan pada penelitian ini adalah lesi hipopigmentasi (73%). Sedangkan lesi hiperpigmentasi sebanyak 27%.Spesies Malassezia yang berhasil diidentifikasi adalah Malassezia yamatoensis (76%), Malassezia furfur (23,8%), Malassezia equine (1,6%), dan Malassezia caprae (1,6%). Hasil analisis statistik antara jenis spesies dan warna lesi yang paling banyak, dengan menggunakan Uji Chi Square didapatkan (p=0,075)

Kesimpulan: tidak didapatkan hubungan bermakna antara warna lesi dengan jenis spesies Malassezia

 

Kata kunci: Malassezia sp, pitiriasis versikolor

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.