skip to main content

PERBEDAAN KADAR SERUM CEA DALAM DETEKSI KANKER REKTUM PRIMER DAN REKURENSI LOKAL DI RSUP DR KARIADI SEMARANG PERIODE JANUARI 2013 – DESEMBER 2014

*Bernardus Parish Budiono  -  Bagian Bedah Digestif Universitas Diponegoro/RS Dr Kariadi, Indonesia
Joni Then  -  Residen Bedah Umum Universitas Diponegoro/RS Dr Kariadi, Indonesia
Hermawan Istiadi  -  Residen Bedah Umum Universitas Diponegoro/RS Dr Kariadi, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: CEA merupakan penanda tumor yang klasik pada kanker kolorektal dan telah digunakan untuk penegakan diagnosis, evaluasi rekurensi dan sebagai faktor prognostik. Penelitian ini bertujuan membandingkan perbedaan kadar serum CEA saat diagnosis awal ditegakkan dan hubungan dengan adanya rekurensi lokal pada pasien dengan kanker rektum.

Metode: Penelitian retrospektif ini mengikutsertakan 42 pasien dengan kanker rektum yang diambil dari rekam medis sejak Januari 2013 sampai Desember 2014, terdiri dari 23 wanita dan 19 pria, lokasi tumor rektum, kadar serum CEA preoperasi, tindakan operasi, jenis histopatologi dan adanya rekurensi lokal.

Hasil: Tidak didapatkan perbedaan yang signifikan antara kadar serum CEA preoperasi terhadap lokasi tumor (p=0.106 vs p=0.100), tidak berbeda signifikan antara rekurensi lokal terhadap lokasi (p=0.525 vs p=0.200). Kecenderungan rekurensi lokal pada kadar serum CEA preoperasi dengan cut off point 8,75 mg/dl (sensitivitas 66.7%, spesifisitas 33.3%).

Kesimpulan: Perbedaan lokasi tumor secara anatomis terhadap refleksi peritoneal tidak mempengaruhi perbedaan kadar serum CEA preoperasi dan kecenderungan adanya rekurensi lokal pada kadar serum CEA preoperasi dengan cut off point 8,75 mg/dl (sensitivitas 66.7%, spesifisitas 33.3%).

 

Kata Kunci: CEA, rekurensi lokal, kanker rektum
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.