skip to main content

PERBANDINGAN KUALITAS TENAGA KESEHATAN PADA PELAYANAN DIARE ANAK DI LAYANAN PRIMER (ANALISA DATA INDONESIAN FAMILY LIFE SURVEY (IFLS) 2007)

*Saekhol Bakri  -  Dept Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Hari Kusnanto  -  Epidemiologi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Mubasysyir Hasanbasri  -  Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran Univeristas Gadjah Mada, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Diare merupakan salah satu penyakit yang berpengaruh terhadap kematian anak. Kualitas tenaga kesehatan yang baik dapat berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan. Pelayanan primer memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan derajat kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas tenaga kesehatan (dokter, perawat dan bidan) pada pelayanan primer di Indonesia.

Metode: Penelitian kuantitatif menggunakan analisis data sekunder Indonesian Family Life Survey (IFLS) 2007 dengan unit analisis tenaga kesehatan dan desain cross sectional. Data IFLS 2007 diambil dari 13 provinsi. Perbandingan kualitas tenaga kesehatan dinilai dari pertanyaan vignette meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan terapi pada blok puskesmas dan fasilitas kesehatan praktek swasta. Kemudian di uji menggunakan one way-Annova dengan program Stata 12 dengan kemaknaan p < 0.05.

Hasil :Sampel terdiri atas 2179 tenaga kesehatan. Dokter memiliki rerata tertinggi dalam menjawab seluruh pertanyaan yaitu sebanyak22.25±7.9 dari 56 pertanyaan.Dari 26 pertanyaan anamnesis, rerata dokter menjawab 11±4.1 lebih tinggi dibandingkan dengan perawat : 9.06±3.3 dan bidan : 10.07 ±3,7 (p<0.05). Dari 19 pertanyaan pemeriksaan fisik dan laboratorium, rerata dokter menjawab7.62±3.1, lebih tinggi dari perawat 6.36±2.9 dan bidan 6.89±2.9 (p < 0.05).Dari 19 pertanyaan terapi rerata dokter 3.62±1.8, tidak berbeda secara statistik dibanding bidan 3.64±1.7 (p>0.05).

Simpulan : Dokter memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan perawat dan bidan dalam kemampuan anamnesis, pemeriksaan fisik – laboratorium dan kemampuan dalam menjawab seluruh pertanyaan. Kemampuan Dokter tidak berbeda dibandingkan bidan dalam memberikan terapi diare.

 

Kata kunci: diare, perbandingan, kualitas tenaga kesehatan, IFLS
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.