skip to main content

PELAKSANAAN PENGEMBANGAN JENJANG KARIR PERAWAT DI RUMAH SAKIT

*Muhammad Hasib Ardani  -  Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Retno Mulyani Kurniastanti  -  Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Pelaksanaan sistem jenjang karir memacu profesi perawat untuk meningkatkan kualitas diri sesuai dengan peminatan masing-masing. Hal ini akan menstimulasi perawat untuk dapat memberikan pelayanan keperawatan yang optimal. Namun demikian ada perawat yang belum berpendapat tentang pelaksanaan dan prosesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi perawat dalam pelaksanaan pengembangan jenjang karir.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan penelitian adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat RSUP Dr. Kariadi Semarang, dari berbagai jenjang karir perawat di unit pelayanan rawat inap. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 perawat dengan teknik pengambilan sampel propotionate stratified random sampling.

Simpulan: Penelitian menunjukkan persepsi perawat secara keseluruhan persepsi perawat dalam pelaksanaan pengembangan jenjang karir perawat sebagian besar adalah cukup baik sebanyak 67,8%. meliputi persepsi pelaksanaan pendaftaran 78,9% cukup baik, persepsi pelaksanaan penilaian kompetensi sebesar 75,6% cukup baik, persepsi pemberian rekomendasi sebagian besar cukup baik sebesar 66,7% persepsi pemberian jenjang karir baru sebanyak 73,3% cukup baik.

Saran untuk rumah sakit khususnya menyiapkan sistem jenjang karir perawat berdasarkan kompetensi yang meliputi alur, model, uji kompetensi dengan cara memberikan informasi yang jelas dan mudah di pahami oleh perawat.

 

Kata kunci: Jenjang karir, perawat

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.