skip to main content

KORELASI ANTARA KADAR VITAMIN A DAN IL–12 SERUM PADA ANAK DENGAN MALARIA ASIMTOMATIK DI DAERAH ENDEMIS MALARIA

*Nakhwa Arkhaesi  -  Bagian Ilmu Kesehatan Anak RS Dr Kariadi/Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Vitamin A memiliki peran sentral dalam kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan adanya interaksi antara kadar vitamin A dengan malaria. IL-12 merupakan sitokin yang dapat menginduksi respon imun. IL-12 dapat  menghambat dan efek sitotoksik terhadap parasit intrasel termasuk malaria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar Vitamin A dan IL-12 serum pada anak dengan malaria asimtomatih di daerah endemis malaria.

Metode: Penelitian belah lintang dilakukan di 2 desa dengan HCI malaria tertinggi di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Subyek penelitian adalah 77 anak usia 6–14 tahun yang dipilih secara acak. Anak dengan demam (>37,2°C) dan ada gejala malaria tidak digunakan sebagai sebyek penelitian. Diagnosis malaria dilakukan dengan Rapid diagnostic test (RDT), preparat hapus darah tepi tipis dan tebal. Kadar vitamin A dan IL-12 diukur dari sampel darah vena dengan metode ELISA.

Hasil: Pemeriksaan RDT menunjukkan 5 anak negative, 70 anak terinfeksi P, falciparum dan 2 anak dengan P. vivax. Kadar vitamin A serum 28,97 ± 8,009 μg/L dan kadar IL-12 serum 3,36 ± 3,327 pg/mL. Uji korelasi Spearman menunjukkan korelasi positif yang bermakna antara kadar vitamin dan IL-12 serum ((r=0,32;p=0,005).

Simpulan: Kadar vitamin A berkorelasi dengan IL-12 serum pada anak dengan malaria asimtomatik di daerah endemis malaria

 

Kata kunci: malaria asimtomatik, vitamin A, IL-12.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.