skip to main content

HUBUNGAN ANTARA CARDIOTHORACIC RATIO DENGAN LEFT VENTRICULAR EJECTION FRACTION PADA PASIEN CHRONIC HEART FAILURE

*Sukma Imawati  -  Dept Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/RS Dr Kariadi, Indonesia
Nasirun Zulkarnaen  -  Dept Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/RS Dr Kariadi, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Chronic Heart Failure (CHF) merupakan salah satu penyebab utama mortalitas dan morbiditas seluruh populasi di dunia. Prevalensi CHF simptomatis di kawasan Eropa mencapai 0,4–2% populasi. Ukuran jantung diperkirakan dari pemeriksaan X foto thorax dengan pengukuran Cardiothoracic Ratio (CTR). CHF banyak berkaitan dengan disfungsi sistol ventrikel kiri yang ditandai dengan penurunan Left Ventricular Ejection Fraction (LVEF). Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai hubungan antara CTR dengan LVEF pada pasien CHF.

Metode: Studi observasional analitik dengan rancangan belah lintang terhadap pasien CHF (n=30) di Rawat Jalan dan Rawat Inap Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler RSUP Dr. Kariadi Semarang dipilih secara konsekutif dari bulan Januari sampai dengan Juni 2010. CTR dinilai dari pemeriksaan X foto Thorax PA dan LVEF dinilai dari pemeriksaan ekhokardiografi metode M- mode/Teicholz. Hubungan antara CTR dengan LVEF dianalisis dengan uji korelasi Spearman.

Hasil: Dari 30 subyek penelitian terdapat 13 orang moderat cardiomegaly (43,3%), 12 orang mild cardiomegaly (40%), 3 orang no cardiomegaly (10%) dan 2 orang severe cardiomegaly (6,7%). Hasil uji statistik menunjukkan hubungan terbalik antara CTR dan LVEF dengan correlation coefficient (r) = -0,705 dan nilai p<0,05 (p=0,000). Hubungan ini dikategorikan memiliki korelasi baik atau derajat tinggi antara CTR dan LVEF.

Simpulan: CTR dan LVEF pada pasien CHF mempunyai hubungan terbalik dengan kategori korelasi baik atau derajat tinggi.

 

Kata kunci: Chronic Heart Failure (CHF), Cardiothoracic Ratio (CTR), Left Ventricular Ejection Fraction (LVEF)

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.