skip to main content

HUBUNGAN ANTARA RINITIS ALERGI DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN ATAS AKUT BERULANG PADA ANAK

*Anna Mailasari Kusuma Dewi  -  Dept IK THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Suprihati Suprihati  -  Dept IK THT-KL Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Edi Dharmana  -  Program Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Saat ini kejadian rinitis alergi (RA) pada anak semakin meningkat. Pada penderita RA terdapat pergeseran Th0 menjadi Th2, serta peningkatan ekspresi ICAM 1 pada mukosa saluran nafas yang memudahkan terjadinya infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa terdapat hubungan antara RA dengan ISPA akut berulang dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kejadian ISPA akut berulang pada anak.

Metode: Penelitian observasional dengan rancangan belah lintang. Sampel adalah pasien berusia 3–14 tahun dengan keluhan sering batuk pilek yang berobat ke Klinik THT dan Klinik Anak RSUP Dr. Kariadi Semarang. RA positif bila terdapat hasil positif salah satu alergen tes cukit kulit. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan Chi square (CI 95%, p<0,05).

Hasil: Jumlah subyek 70 anak, 44 dengan ISPA akut berulang dan 26 bukan ISPA akut berulang. Terdapat 45 anak dengan RA dan 25 tidak RA. Terdapat hubungan, yang bermakna antara ISPA akut berulang dengan RA (RP=3,5, 95% CI 1,250–9800, p=0,015). Tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara ISPA akut berulang dengan status gizi, anggota keluarga perokok dan kebiasaan mencuci tangan (p>0,05).

Simpulan: RA berhubungan bermakna dengan kejadian ISPA akut berulang pada anak dan risiko terjadinya 3,5 kali lipat.

 

Kata kunci: Rinitis alergi, infeksi saluran pernafasan atas akut berulang, anak

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.