skip to main content

Perlindungan Konsumen Dalam Penyelesaian Sengketa Sektor Keuangan (Studi Komparatif LAPS-SJK Dan BPSK)

*Mutiara Pramesti  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rinitami Njatrijani scopus  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Herni Widanarti  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2025 Law, Development and Justice Review under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0.

Citation Format:
Abstract
This article discusses the legal protection provided by 2 (two) consumer dispute resolution institutions, namely the Financial Services Sector Alternative Dispute Resolution Institution (LAPS-SJK) and the Consumer Dispute Resolution Agency (BPSK). This article focuses on a comparison of the legal force of decisions issued by the two institutions. By combining normative legal views and the opinions of practitioners consisting of the Financial Services Authority (in this case represented by OJK Central Java Province) and the Consumer Dispute Resolution Body (in this case represented by BPSK Semarang City), this article can underline the optimization of consumer protection in disputes with business actors in the financial services sector. This article can show the complementary side of BPSK with the presence of LAPS-SJK as an institution that handles disputes in the financial sector. This article aims to present a comparison between LAPS-SJK and BPSK as alternative resolution institutions resulting from a combination of factual events and practitioners' opinions with the analytical knife being the applicable laws and regulations.
Fulltext View|Download
Keywords: Consumer; Dispute; Financial Sector

Article Metrics:

  1. Buku
  2. Ashshofa, Burhan. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Rineka Cipta, 2004
  3. Ghofur, Abdul. Kedudukan OJK Sebagai Pengawas Dan Upaya Peningkatan Kesehatan Perbankan. Jakarta: Damera Press, 2023
  4. Kurniawan. Hukum Perlindungan Konsumen. Malang: UB Press, 2011
  5. Masadad, Ahmad. Alternatif Dispute Resolution (Resolusi Konflik Nonlitigasi). 2nd ed. Malang: Literasi Nusantara, 2020
  6. Njatrijani, Rinitami. Hukum Perlindungan Konsumen. Semarang: CV. Tigamedia Pratama, 2018
  7. Nugroho, Susanti Adi. Penyelesaian Sengketa Arbitrase Dan Penerapan Hukumnya. Jakarta: Kencana, 2017
  8. Jurnal
  9. Anwar, Perbri, and Ari Widiarti. “Eksistensi Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Sebagai Lembaga Quasi Peradilan.” The Juris 8, no. 1 (2024)
  10. Fathanudien, Anthon, Bias Lintang Dialog, and Dikha Anugrah. “Peran BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) Dalam Menyelesaikan Perkara Sengketa Konsumen (Studi Di Kabupaten Kuningan).” HUKMY : Jurnal Hukum 4, no. 1 (2024)
  11. F.A, Lelatus Syahna., Soesi Idayanti, dan Arwin Aditya Pratama. ‘Online Dispute Resolution Sebagai Solusi Sengketa E-Commerce”. JURBISMAN : Jurnal Bisnis Manajemen 1, No. 3 (2023)
  12. Ginting, Andrew Michael., Naufal Ramadhan, dan Cheryl Patriana Yuswar, “Perbandingan BPSK dan LAPS SJK dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen Jasa Keuangan”, Jurnal Hukum Dan Dinamika Masyarakat 22, No. 1 (2024)
  13. Hapsari, Leilani Alysia, and Anang Setiyawan. “Penerapan Asas Itikad Baik Dalam Penyelesaian Sengketa Perdata.” Zaaken: Journal of Civil and Bussiness Law 4, no. 3 (2023)
  14. Harahap, Mhd Dicky Safii., OK. Saidin, Detania Sukarja, dan Jelly Leviza. “Yuridiksi LAPS Dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen Jasa Keuangan”. Locus Journal of Academic Literature Review 1, No. 8 (2022)
  15. Ismail, Atikah., dan Eni Surati. “Analisa Perlindungan Konsumen Pada Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) Sektor Jasa Keuangan Di Indonesia”. Sol Justicia 4, no. 1 (2021)
  16. Tabunan, Bernando Aldo Yosua., Fildzah Darayani Mujasmara, dan Intan Harahap. “Analisa Tentang Alternatif Penyelesaian Sengketa Perlindungan Konsumen”. JLEB : Journal of Law Education and Business 2, No. 2 (2024)
  17. Tauhiddah, Titia, Busyra Azheri, and Yussy Mannas. “Kewenangan Penyelesaian Sengketa Konsumen Lembaga Pembiayaan Antara Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Dengan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (Laps)).” DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum 5, no. 1 (2020)
  18. Website
  19. Nasional, Badan Perlindungan Konsumen. “Penarikan Paksa Kendaraan Masih Banyak Dikeluhkan.” Badan Perlindungan Konsumen Nasional, 2023. https://bpkn.go.id/beritaterkini/detail/penarikan-paksa-kendaraan-masih-banyak-dikeluhkan
  20. Peraturan Perundang-undangan
  21. Kitab Undang-undang Hukum Perdata
  22. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
  23. Undang-undang 10 Tahun 1999 tentang Perbankan
  24. Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan
  25. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan
  26. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan
  27. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/POJK.07/2014 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa
  28. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 61/POJK.07/2020 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan
  29. Permendag Nomor 72 Tahun 2020 tentang Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen
  30. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 22 Tahun 2023 tentang Perlindungan Konsumen Dan Masyarakat Di Sektor Jasa Keuangan
  31. Peraturan LAPS Nomor Per-01/LAPS-SJK/I/2021 tentang Peraturan Dan Acara Mediasi
  32. Peraturan LAPS Nomor Per-02/LAPS-SJK/I/2021 tentang Peraturan Dan Acara Arbitrase
  33. Peraturan LAPS Nomor Per-03/LAPS-SJK/I/2021 tentang Peraturan Dan Acara Pendapat Mengikat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.