skip to main content

Penerimaan Pasien Terhadap Layanan Pendaftaran Online Rawat Jalan di RSUD Wonosari dengan Metode UTAUT-2

*Erlyna Dwi Rahmawati  -  Department of Public Health, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275., Indonesia
Putri Asmita Wigati  -  Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wulan Kusumastuti  -  Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

RSUD Wonosari made an innovative WhatsApp-based online registration to overcome the problem of long waiting at the registration counter. This innovation was launched in January 2020 but in 2022 the user coverage has not yet reached the target. So a study was conducted on factors related to patient acceptance of online registration services. This research was conducted quantitatively using the cross-sectional method with 376 respondents in March - May 2023 who used the online outpatient registration service at Wonosari Hospital. The data analysis used is the Chi square test. The results showed that performance expectations (p=0.001) and effort expectations, social influence, supporting conditions, motivation, price values, and habits (p=0.000) were factors that had a relationship with patient acceptance of the online registration system with a correlation coefficient between 0.176 -0.577. There is a very weak relationship between effort expectancy and performance expectancy, a weak relationship between social influence and facilitating conditions, and a relatively strong relationship between motivation; price value; and habits with online registration system patient acceptance at Wonosari Hospital.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Syaifullah. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah. [Riau]: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim ; 2013
  2. Purwanto EA, Tyastianti D, Taufiq A, Novianto W. Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia; 2017
  3. Bowo M. Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Klaten. STIKES Muhammadiyah Klaten; 2019
  4. RSUD Wonosari. Pendaftaran Pasien Via WhatsApp. Gunungkidul;
  5. Rumana NA, Apzari EI, Dewi DR, Indawati L, Yulia N. Penerimaan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Technology Acceptance Model di RSUP Fatmawati. Fakt Exacta. 2020;13(1):44
  6. Venkatesh V, Thong JYL, Xu X. Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Mis Q. 2012;36(1):157–78
  7. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta; 2017. 227 p
  8. Setiawan NN. Pengaruh Ekspektasi Kinerja terhadap Minat Pemanfaatan Teknologi Informasi: Studi Kasus PERSIPDA Kota Salatiga. [Salatiga]: Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW; 2017
  9. Sidi R, Tarigan RID, Listiawaty D, Afrian D, Okamona H. Hubungan Ekspektasi Usaha Dan Ekspektasi Kerja Dengan Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Rumah Sakit Umum Sembiring Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021. J Penelit Farm Herb . 2021;4(1):8–14
  10. Putri VS, Mahadian AB. Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Dan Kondisi Pendukung Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi E-clinic Di Kota Bandung. J Ilmu Komun. 2021 Jun 1;8(3):1–12
  11. Santi MN, Nurmandhani R, Setyawati VAV, Rimawati E, Wardoyo A, Iqbal M. Penerapan Model Utaut 2 Untuk Mengetahui Minat Penggunaan Aplikasi Si-Gembul Pada Kader Posyandu Di Puskesmas Halmahera Semarang. VISIKES J Kesehat Masy. 2022;21(2):337–47
  12. Venkatesh V, Morris MG, Davis GB, Davis FD. User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. Mis Q. 2003;27(3):425–78
  13. Handayani T, Sudiana. Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory O f Acceptance And Use O f Technology) terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus : Sistem Informasi Akademik pada STTNAS Yogyakarta). J Angkasa. 2015;7(2):165–80
  14. Khillah Fathinah Zaki Baridwan F. Determinat Minat Individu Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Teknologi Di Bank Syariah. J Ilm Mhs Fak Ekon Dan Bisnis Univ Brawijaya. 2013;1(1):1–21
  15. Suhendry W. Minat Penggunaan OVO di Kota Pontianak Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Technology . J Ekon Manaj. 2020;6(1):1–12
  16. Sutrisno E. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media; 2011
  17. Septianti D, Frastuti M. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. J Ilm Ekon Glob Masa Kini. 2019;10(2):130
  18. Pertiwi NWDMY, Ariyanto D. Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Minat Dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking Di Kota Denpasar. E-Jurnal Akunt Univ Udayana. 2017;18:1369–97
  19. Maharani Y. Minat Generasi Z Menggunakan Kembali Transaksi Mobile Payment: Pendekatan Model UTAUT 2. J Akunt dan Bisnis. 2021;4(1):140–54
  20. Priambodo S, Prabawani B. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang). J Ilmu Adm Bisnis. 2016;5(2):127–35
  21. I Gusti Bagus Irvan Prasetya, I Gusti Ayu Purnamawati. Pengaruh Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Kebiasaan dan Daya Tarik Promo terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment OVO. J Akunt Profesi. 2020;Vol. 11(1):148–58

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.