PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SAMPAH ANORGANIK

Reny Yesiana -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Ida Hayu Dwimawanti -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Budiono Budiono -  Universitas Diponegoro, Indonesia
*Heny Kusumayanti -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 28 Apr 2019; Published: 17 Jun 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 28 32
Abstract

Kegiatan pelatihan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan anak usia sekolah dalam pengelolaan sampah anorganik menjadi produk yang bernilai ekonomis merupakan suatu program kegiatan yang sangat baik dan salah satu solusi pemanfaatan limbah rumah tangga dan sebagai kegiatan anak-anak diluar jam belajar dengan mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang dapat meningkatkan penghasilan yang bernilai ekonomi. Kegiatan ini melibatkan anak-anak dan remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Demak sebagai mitra pelatihan. Pemanfaatkan sampah anorganik di sekitar kita akan mengurangi pencemaran lingkungan sekitar. Pelatihan ini bertujuan supaya mitra dapat mengerti, memahami dan mengaplikasikan proses pemanfaatan sampah plastik / anorganik menjadi produk kerajinan tangan yang bernilai ekomoni seperti dompet. Produk yang dihasilkan nantinya diharapkan dapat dipasarkan sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan produktifitas mitra secara finansial serta dapat mengurangi beban tempat pemrosesan akhir (TPA) dalam menampung sampah anorganik yang sulit diolah. Sebelum pelaksanaan dilakukan peninjauan kondisi lokasi lingkungan pelatihan yang kemudian dilanjutkan  dengan pembinaan bersama warga sekitar dan workshop pembuatan kerajinan tangan dari sampah anorganik. Kegiatan pelatihan ini dapat menambah ilmu dan keahlian dalam mengelola, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah anorganik khususnya sampah plastik yang mampu diolah menjadi dompet yang bernilai ekonomis.

 

Keywords
sampah anorganik, plastik, Panti Asuhan Darul Hadlonah Demak

Article Metrics:

  1. Badan Pusat Statistik, “Kabupaten Demak Dalam Angka 2018”. Badan Pusat Statistik, Jakarta, 452, 2018.
  2. H. P. Putra eta Y. Yuriandala, “Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif”, J. Sains dan Teknol. Lingkung., vol 2, no 1, pp 21–31, 2010.
  3. F. L. Sahwan, “Sistem pengelolaan limbah plastik di Indonesia”, J. Teknol. Lingkung., vol 6, no 1, pp 311–318, 2011.
  4. G. L. Sari, “Kajian Potensi Pemanfaatan Sampah Plastik menjadi Bahan Bakar Cair”, Al-Ard J. Tek. Lingkung., vol 3, no. 1, pp 6–13, 2017.
  5. L. Sulistyorini, “Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikannya Kompos”, J. Kesehat. Lingkung., vol. 2, no. 1, pp. 77–84, 2005.
  6. W. H. Apriadji, Memproses sampah. Penebar Swadaya, 1992.
  7. F. Wati eta F. Noer, “Usaha Kerajinan Limbah Plastik Di Desa Nusa”, J. Ilm. Mhs. Pendidik. Kesejaht. Kel., vol. 3, no. 2, pp. 10–26, 2018.
  8. S. Diana, M. Marlina, Z. Amalia, eta A. Amalia, “Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomis Bagi Remaja Putus Sekolah”, J. Vokasi-Politeknik Negeri Lhokseumawe, vol. 1, no. 1, 2017.
  9. S. Deden eta Sukanti, “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha”, J. Profita, vol. 4, np. 7, pp. 1–12, 2016.