skip to main content

PONDOK PESANTREN INKLUSIF

*MUSHAFFA RAFI'I HABIBURRAHMAN  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pesantren adalah salah satu sistem pendidikan Indonesia yang berkembang cukup pesat hingga hari ini. Menurut Pangkalan Data Pondok Pesantren (PDPP) yang dikelola oleh Kemenag RI, pada tahun 2020 terdapat 28.194 pondok pesantren aktif di seluruh Indonesia. Sedangkan penelitian Balitbang Diklat Kemenag pada tahun 2003-2004 mencatat hanya ada 14.656 pondok pesantren. Dengan demikian terjadi peningkatan sekitar 92% dalam lima belas tahun terakhir.
Sebagai lembaga pendidikan yang telah eksis di tengah masyarakat selama ratusan tahun,
tentu saja terjadi perkembangan yang signifikan pada pondok pesantren. Salah satunya adalah pesantren modern dengan menggunakan kurikulum tertentu. Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk mendesain ulang Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang secara khusus
adalah pondok pesantren modern dengan kurikulum tarbiyyah.

Fulltext View|Download
  1. https://ditpdpontren.kemenag.go.id/web/
  2. Ibrahim, AGAMA, NEGARA, DAN RUANG PUBLIK MENURUT
  3. HABERMAS (Maluku, Jurnal Badati Volume II, No. 3, Desember
  4. Nurhayati Djamas, M. A, Dinamika Pendidikan di Indonesia Pasca
  5. Kemerdekaan, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2009), 30
  6. Buku Panduan Pondok Pesantren Husnul Khotimah, 2020, Yayasan
  7. Pondok Pesantren Husnul Khotimah

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.