skip to main content

PUSAT BUDAYA JAWA TENGAH DI KOTA SEMARANG

*SARAH HANIFIA  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan zaman yang begitu pesat membawa dampak positif
maupun dampak negatif dari segi kehidupan dan pola pikir masyarakat. Salah
satu dampak negatif yang paling terasa yaitu masyarakat menjadi terlalu mudah
menerima budaya luar yang mengakibatkan ketertarikan masyarakat terhadap
budaya lokal sendiri cenderung menurun. Sehingga diperlukan beragam cara
untuk meningkatkan animo masyarakat untuk mempelajari, mendalami dan
melestarikan kebudayaan lokal yang notabene merupakan jati diri mereka. Jawa
Tengah memiliki warisan kesenian yang cukup beragam. Di Kota Semarang
sendiri terdapat sekitar 415 sanggar kesenian yang tersebar. Sanggar-sanggar
kesenian tersebut perlu diperhatikan dan diberi wadah khusus agar dapat
menampilkan karya mereka secara rutin dan terjadwal.
Maka dari itu dibutuhkan Pusat Budaya di Kota Semarang yang mampu
mewadahi aktifitas para seniman dan masyarakat dalam mengapresiasi kreatifitas
seni dan budaya lokal yang selama ini kurang terfasilitasi oleh pemerintah
setempat. Pusat Budaya dengan skala pelayanan yang diperuntukan tidak hanya
untuk warga Kota Semarang saja melainkan untuk sekitar Jawa Tengah. Nantinya
Pusat Budaya ini bukan hanya sebagai sarana edukasi kebudayaan dan kesenian
saja melainkan juga sebagai wahana rekreasi yang menyenangkan untuk
dikunjungi oleh siapa pun dan sebagai tempat para pekerja seni budaya untuk
menampilkan dan mempertunjukan karya mereka.

Fulltext View|Download
  1. Appleton, I. 2008. Building for the Performing Arts: A Design and Development Guide. New York: Architectural Press
  2. De Chiara, J. 2001. Timesaver Standarts for Building Types (Fourth Edition). Singapore: Mc. Graw Hill Book Companies Inc
  3. Neufert, Ernest. 2002. Data Arsitek Edisi Kedua Jilid 2. Jakarta: Erlangga (Alih bahasa oleh Sjamsu Amril)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.