REDESAIN STUDENT CENTER UNIVERSITAS DIPONEGORO BERDASARKAN SURVEI KEBUTUHAN MAHASISWA

*MELODY ALIFIA  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 23 Dec 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Statistics: 91 35
Abstract

Universitas Diponegoro adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Seperti perguruan tinggi pada umumnya, Universitas Diponegoro tidak hanya mendukung dan memfasilitasi kegiatan akademis berupa aktivitas belajar-mengajar saja, namun juga kegiatan non-akademis seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Selain itu, belajar, diskusi, dan mengerjakan tugas adalah bagian dari kegiatan mahasiswa. Untuk menunjang beragam kegiatan mahasiswa, baik segi akademis maupun non-akademis, Universitas Diponegoro membutuhkan wadah berupa Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) atau Student Center.
Saat ini, Universitas Diponegoro telah memiliki bangunan Student Center dan gedung PKM, namun keduanya hanya mewadahi kegiatan UKM dan ormawa. Ruang-ruang yang disediakan pun hanya berupa ruang secretariat UKM saja tanpa menyediakan ruang aktivitasnya, seperti ruang latihan beladiri untuk aktivitas UKM beladiri. Tidak ada pula fasilitas yang memadai untuk mahasiswa berdiskusi dan mengerjakan tugas. Redesain Student Center Universitas Diponegoro bertujuan untuk menciptakan wadah yang lebih lengkap untuk kegiatan-kegiatan mahasiswa, mencakup ruang-ruang kegiatan UKM untuk mahasiswa anggota UKM, ruang belajar dan diskusi serupa co-working space untuk seluruh mahasiswa Undip, dan ruang untuk instansi lain.

Article Metrics:

  1. De Chiara, Joseph dan John Callender. 1983. Time-saver Standards for Building Types second edition. Singapura: McGraw-Hill.
  2. Butts, Porter. 1967. Planning and Operating College Union Building. New York: The Association of College Union International.