skip to main content

Perancangan Pusat kreativitas Anak Berbasis perilaku di Kota Yogyakarta

*siti nurjanah  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Minimnya fasilitas yang secara khusus mendukung eksplorasi dan perkembangan  kreativitas anak di Yogyakarta menjadi perhatian penting. Meskipun terdapat beberapa  organisasi yang menyediakan aktivitas bagi anak, ruang yang ada sering kali tidak  memadai dari segi keamanan maupun desain yang mendukung perkembangan kreatif.  Banyak anak terpaksa mencari tempat alternatif yang tidak hanya kurang aman, tetapi  juga kurang optimal untuk mendorong kreativitas dan pengambilan keputusan. Hal ini  menunjukkan perlunya menciptakan pusat kreatif anak yang dirancang untuk  memenuhi kebutuhan perkembangan mereka serta mendukung pertumbuhan sosial,  kognitif, dan emosional anak-anak. Proyek ini bertujuan untuk merancang fasilitas  yang dapat mendukung eksplorasi dan kreativitas anak melalui lingkungan yang  terstruktur dan ramah anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan perilaku untuk  memahami kebutuhan psikologis, emosional, dan sosial anak-anak. Pendekatan ini  diterapkan dalam desain yang responsif terhadap pola perilaku anak, dengan  memberikan ruang yang mendukung pengambilan keputusan dan pengalaman yang  merangsang kreativitas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi  lapangan dan wawancara bersama pengurus pusat kreatif anak di Yogyakarta. Pusat  kreatif ini direncanakan untuk berlokasi di Yogyakarta dengan konsep desain yang  berfokus pada penciptaan lingkungan yang mendukung perilaku eksploratif anak,  dengan memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan. Desain ini memungkinkan  anak-anak untuk mengeksplorasi ruang dan mengembangkan kreativitas dalam  lingkungan yang aman dan mendukung. Pusat kreatif anak ini dirancang untuk menjadi  solusi berkelanjutan dalam mendukung kreativitas dan pembelajaran anak, serta  mengatasi kurangnya fasilitas yang aman dan terstruktur di Yogyakarta. Selain itu,  pusat ini akan berkontribusi pada perkembangan holistik anak-anak di wilayah  tersebut, mendorong mereka untuk bereksplorasi, berkreasi, dan mengembangkan  kemampuan mereka dalam lingkungan yang mendukung.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.