skip to main content

Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri dengan Pendekatan Multisensori di Kabupaten Jepara

*Junetta Aulia Putri  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Hak pendidikan belum bisa digapai sepenuhnya oleh semua kalangan, khususnya kelompok disabilitas. Sekolah luar biasa merupakan salah satu sistem pendidikan yang dirancang khusus untuk anak dengan kebutuhan khusus (ABK). Seiring berjalannya layanan khusus tersebut, angka lulusan tingkat dasar dan angka tidak tamat tingkat dasar masih sebanding. Nyatanya, pendidikan dasar ini penting sebagai intervensi awal untuk mendukung perkembangan anak sesuai potensi dan kebutuhannya. Sehingga urgensi yang akan dibawa adalah pemerataan layanan pendidikan khusus pada tingkat dasar. Jawa Tengah merupakan provinsi dengan angka PMD terbanyak ketiga, tidak berbeda jauh dengan posisi pertama dan kedua. Kabupaten Jepara memiliki angka perbandingan jumlah SLB per ABK paling kecil, yakni 0,001, dengan jenis ketunaan terbanyaknya yaitu, tunanetra, tunarungu, tunagrahita, dan tunadaksa. Status yang diberi adalah negeri, mengingat urgensi pemerataan tersebut. Namun, muncul sebuah pertanyaan kembali, bagaimana ABK dapat terlibat dalam suatu ruang jika mereka memiliki kekurangan/ketidaksempurnaan. Melalui interaksi, manusia menciptakan hubungan dan menjadi bagian dari lingkungan. Karakter dan kemampuan indra yang beragam menghasilkan respons yang khas, sehingga membentuk makna ruang yang mendalam bagi setiap individu. Maka perlu dipelajari mengenai kedua hal tersebut. Dalam arsitektur, kemampuan indra dapat dipelajari melalui konsep multisensori. Sehingga, perancangan kali ini akan menciptakan sebuah fasilitas pendidikan khusus di tingkat dasar untuk ABK dengan memberikan suatu pengalaman meruang.
Fulltext View|Download
  1. Spence, C. (2020). Senses of Place: Architectural Design For The Multisensory Mind. Spence Cognitive Research: Principles and Implications. 5(46), 5-20

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.