skip to main content

REDESAIN TERMINAL BUS DI PELABUHAN BAKAUHENI

*Garin Nugroho  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penyeberangan antara Pulau Jawa dan Sumatera melalui jalur MerakBakauheni telah menjadi tulang punggung dari jalur distribusi yang vital selama bertahun-tahun. Pelabuhan Bakauheni, dengan enam dermaga yang melayani ribuan penumpang dan kendaraan setiap harinya, merupakan titik sentral dari konektivitas regional ini. Namun, kebutuhan akan infrastruktur transportasi yang terintegrasi dengan baik, terutama terminal sebagai pusat distribusi dan pertukaran barang serta penumpang, semakin penting seiring dengan pertumbuhan populasi dan mobilitas masyarakat di sekitar pelabuhan. Peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan terminal transportasi di Pelabuhan Bakauheni sering kali melebihi kapasitas yang tersedia, menyebabkan ketidaknyamanan dan keterlambatan dalam perjalanan. Pola sirkulasi yang kurang efektif di Terminal Bus Bakauheni juga menjadi masalah, dengan kebingungan dan kerumunan yang sering terjadi karena kurangnya fasilitas penunjang dan fasilitas umum yang memadai, seperti fasilitas pertokoan. Oleh karena itu, penelitian tentang redesain terminal menjadi sangat penting untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Dengan memperhatikan kebutuhan akan infrastruktur yang efisien dan pengalaman pengguna yang optimal, redesain terminal di Pelabuhan Bakauheni diharapkan dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan infrastruktur transportasi secara keseluruhan di wilayah tersebut
Fulltext
  1. Admin. (2016-2020). The Ultimate Guide of Penang Sentral Bus Terminal. Dephub. (n.d.). Tata Cara Dan Kriteria Penetapan Simpul Dan Lokasi Terminal Penumpang Serta Lokasi Fasilitas Perpindahan Moda. Retrieved Januari 23, 2020, From Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. RTRW, B. (2020, 08 04). Peraturan Pemerintah RI No. 13 Tahun 2017. Indonesia. Neufert, E. (1996). Data Arditek (Bauentwurflehre) (33 ed.). (I. P. Indarto, Ed., & D. I. Tjahjadi, Trans.) Erlangga. Kenyon, A. (2017). TOD Standard 3.0. New York: Institute for Transportation & Development Policy Humas. (2019, Februari 16). Konsep Transit Oriented Development (TOD) dalam Pembangunan Wilayah Perkotaan. (Kementerian Agraria Dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional) Bandarlampung, B. (2022). Provinsi Lampung Dalam Angka. In BPS, & B. I. Statistik (Ed.). Bandarlampung, Lampung, Indonesia: BPS Provinsi Lampung. E.K. Morlok, 1984. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Jakarta: Erlangga. Zakaria, M. 2010. Studi Karakteristik Parkir dan Kebutuhan Luas Terminal Tegal sebagai Terminal Bus Tipe A. Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Surakarta.. Direkur Jenderal Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jurnal Fondasi, 1(1), 41

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.