skip to main content

MONTESSORI ARCHITECTURE: JAKARTA NEURODIVERSITY CHILDREN DEVELOPMENT FACILITY

*Luthfia Hananti  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Arsitektur Montessori : Fasilitas Tumbuh-Kembang Anak Neurodiversitas adalah sebuah proyek karya Tugas Akhir arsitektur yang pemilihan judulnya didasarkan pada isu yang berkaitan dengan anak neurodivergent dan ketimpangan yang didapatkan dalam hal pemenuhan kebutuhan tumbuh-kembangnya dalam sebuah fasilitas sekolah. Hal ini nantinya akan dijawab berdasarkan sebuah metode pendidikan yang berlandaskan sebuah riset pendidikan terhadap anak neurodivergent yang ternyata telah menjadi populer dan memberikan banyak pengaruh baik bagi tumbuh-kembang anak. Fasilitas tumbuh-kembang anak di sini akan difokuskan kepada bidang perkembangan anak usia dini yang difasilitasi pada sebuah tipologi bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta perkembangan anak usia Sekolah Dasar (SD). Nantinya fasilitas ini akan memfasilitasi semua anak dengan keberagaman neuron untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi dan kecenderungan dirinya sebagai manusia yang terus ingin tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang utuh. Fasilitas ini akan dibangun di Jakarta pada sebuah area kompleks sekolah di Jalan Budi Utomo. Nantinya Arsitektur Montessori ini direspons sesuai dengan ketentuan kontekstual karena pada dasarnya pola-pola arsitektur ini sangat aplikatif pada semua konteks perancangan di dunia. Hal ini dikarenakan arsitektur Montessori berpedoman pada pemenuhan kebutuhan siswa berdasarkan bidang perkembangan bukan berdasarkan lokasi perancangan sehingga mudah diadaptasikan ke beberapa kondisi konteks. Pola-pola ini nantinya akan diartikulasikan menjadi prinsip dan elemen desain yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh-kembang anak. Kata Kunci : Montessori, Neurodiversitas, Neurodivergent, Arsitektur Montessori
Fulltext

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.