skip to main content

SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN DI KOTA SEMARANG

*Vinka Fahreza Attala Hanif  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting dalam pembangunan bangsa. Saat ini, sistem pendidikan konvensional masih mendominasi sistem yang ada, dimana para siswa melakukan kegiatan pembelajaran di dalam ruang yang tertutup. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan siswa kurang melakukan interaksi dengan alam sekitar, padahal lingkungan juga menjadi salah satu aspek yang penting dalam perkembangan siswa. Sehingga sistem pendidikan non-konvensional diperlukan dalam mengakomodasi kegiatan siswa dalam belajar dengan melibatkan aspek lingkungan di dalamnya. Sekolah Alam dianggap dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan sistem pembelajaran non-konvensional, karena Sekolah Alam merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menggunakan lingkungan di luar sekolah untuk belajar. Sekolah Alam diharapkan dapat menjadi alternatif pendidikan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tema yang digunakan dalam perancangan Sekolah Alam ini adalah Arsitektur Berkelanjutan. Arsitektur berkelanjutan yaitu menciptakan integrasi antara bangunan dengan lingkungan. Arsitektur Berkelanjutan menciptakan keseimbangan dengan memanfaatkan potensi baik material maupun aspek lingkungan.
Fulltext

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.