skip to main content

SPORTSLAND MIJEN: FASILITAS PENDUKUNG SIRKUIT MIJEN DENGAN INTEGRASI SENTRA OLAHRAGA

*Wafdan Ainasyamsa  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Semakin terkenalnya olahraga balap mobil atau motor, akan timbul kebutuhan untuk membangun fasilitas sirkuit yang berkualitas untuk mengakomodasi kompetisi atau pun untuk menyambut penggemar individu maupun kelompok dari olahraga ini. Fasilitas yang optimal harus mematuhi standar keamanan internasional guna menjamin keselamatan para pembalap, penonton, dan staf. Aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan termasuk adanya area paddock untuk tim dan pembalap, ruang untuk pengelola sirkuit, ruang untuk para official, zona penonton dengan tingkatan tempat duduk yang berbeda, ruang konferensi dan pers, lahan parkir, fasilitas makanan dan minuman, serta sarana medis dan prosedur evakuasi yang memadai. Sportsland Mijen adalah fasilitas yang dirancang untuk menghidupkan kembali aktivitas masyarakat dengan hobi otomotif di Kota Semarang. Kondisi saat ini, harga sewa dari Sirkuit Mijen terkenal mahal tetapi tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Oleh karena itu, dibutuhkan fasilitas pendukung yang dapat mewadahi keberjalanan event balap hingga ajang internasional. Trek balap yang sudah ada perna Melihat potensi dari tapak seperti adanya pengunjung yang memanfaatkan Sirkuit Mijen sebagai tempat joging sore hingga penyelenggaran acara kemasyarakatan, muncul ide untuk mengintegrasikan sebuah sentra olahraga dengan fasilitas sirkuit yang sesuai standar untuk meningkatkan intensitas penggunaan bangunan. Perpaduan tersebut diharapkan dapat membantu memperkenalkan dunia otomotif terhadap orang baru terutama untuk warga Kota Semarang.
Fulltext
  1. FIA. (2024, Februari 28). INTERNATIONAL SPORTING CODE AND APPENDICES. From FIA Official Website: https://www.fia.com/regulation/category/123 FIA OFFICIALS. (2007)
  2. FIA OFFICIALS COMPETENCY FRAMEWORK. Paris: FIA. FIM. (2022, Desember 27). FIM STANDARDS FOR CIRCUITS. From FIM Official Website: https://www.fim-moto.com/fileadmin/user_upload/Documents/2022/Circuits_Standards_2022_updated_05May2022.pdf?t=1668942399

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.