skip to main content

PERANCANGAN AUDITORIUM BERBASIS HI – TECH DI SEMARANG

*Novita Amartya  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

 Dari jumlahpenduduk Kota Semarang sertakegiatan-kegiatan formal maupun informal sepertiwisuda, pertemuan, pameran, ataupertunjukkan yang diketahuiterusmeningkat, membuat Kota Semarang sebagaisalahsatukota Metropolitan di Indonesia sertapusatperkembangandalamhalperekonomian, pariwisata, pendidikan, ataukesehatan di Jawa Tengah terusmengembangkanfasilitaspublikuntukmewadahikegiatantersebut. Padakegiatan-kegiatan  tersebuttentunyamembutuhkanspace yang lebihluasdanbesar yang dapatmenampunghinggaribuan orang sepertigedungConvention, Exhibition, atau auditorium. Kota Semarang sendirisudahmemilikigedungdenganspaceluassalahsatunya auditorium, namunkeberadaan auditorium di Semarang yang dimilikibeberapakampushanyadigelaruntukkalanganwargakampus, beberapajugabelumterpenuhiuntukmenampungwisudawan yang lebihbanyakdanuntukkhalayakumummasihbelummemilikispace yang dapatmencapairibuanlebih. Untukitu, dibutuhkanadanyafasilitaspublik yang dapatmenampungribuan orang berupa auditorium denganskalatingkatnasionalmaupuninternasional. Sehinggahasilpadaperencanaandanperancangannantinyaakanmerealisasikanbangunan auditorium yang dapatmewadahikebutuhanruang yang cukupbesarsertadapatmengakomodasikegiatan-kegiatandenganbaikmelaluikonsepArchitecture Hi-Techyang belumbanyakditerapkanpada Kota Semarang, sebagaimanaberanimenunjukkankarakterkejujurandarikonsephi techpadaarsitektur, begitujugadenganharapandapatmeningkatkanperekonomian Kota Semarang yang dapatmengundang investor-investor.

Fulltext View|Download
  1. Davies, C. (n.d.). Architecture High Tech. Retrieved February 23, 2022, from PDFDRIVE: https://www.pdfdrive.com/high-tech-architecture-colin-davies-d303340.html
  2. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2019 tentang Rencana
  3. Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jawa tengah Tahun 2018-2023. (2019). Retrieved February 24, 2022, from Bappeda Provinsi Jawa Tengah:
  4. https://bappeda.jatengprov.go.id/rencana-pembangunan-jangka-menengah-daerah-rpjmd/
  5. Telew, M., & Lintong, S. (2011). Architecture High Tech. 8(2), 94-106

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.