skip to main content

APARTEMEN INKLUSIF DI PURWOKERTO

*SHASKIYA JULYA DWI HANDOYO  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Purwokerto merupakan ibukota dari Kabupaten Banyumas yang memiliki berbagai julukan, antara lain ialah sebagai kota pendidikan dan kota pensiunan. Hal tersebut menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk yang berbanding lurus dengan kebutuhan hunian. Selain itu, perkembangan zaman kearah modern dan digital dapat menyebabkan perubahan pola hidup serta gaya hidup masyarakat, baik dari segi sosial, budaya dan ekonomi. Masyarakat yang semakin berkembang dan menganut sistem pola hidup modern dapat mengalami perubahan dalam hubungan kekeluargaan dan budaya dalam bertempat tinggal, yang mana pada masyarakat tradisional setelah anak menikah, orang tua dan anak masih berada dalam satu atap hingga terdapat tiga generasi dalam satu atap yang terdiri dari kakek-nenek, ayah-ibu dan cucu. Namun, pada masa kini banyak anak yang memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tuanya, dengan alasan faktor pekerjaan di luar kota maupun karena ingin mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Sehingga para orang tua tinggal sendirian, dan para anak tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus maupun mengawasi para orang tuanya. Lansia merupakan kelompok social yang paling rentan dengan permasalahan baik fisik maupun mental. Sekjen Kemenkes, drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan semua orang perlu mulai memperhatikan kebutuhan lansia tersebut, sehingga diharapkan mereka dapat tetap sehat, mandiri, aktif, dan produktif, salah satunya penguatan peran keluarga dalam melakukan perawatan bagi lansia.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang terjadi, perancangan Tugas Akhir ini berusaha untuk memecahkan gap yang terdapat antara generasi muda dengan para lansia dengan perancangan Apartemen Inklusif di Purwokerto. Sebagai komplek hunian vertikal, perancangan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penghuni apartemen baik generasi muda maupun kebutuhan para lansia nya sehingga menciptakan lingkungan hunian yang aman, nyaman, sustainable dan menguntungkan dalam aspek sosialnya.

Fulltext View|Download
  1. Connell, B.R., Jones, M., Mace, R., Mueller, J., Mullick, A., Ostroff, E., Sanford, J., Steinfeld, E., Story, M., Vanderheiden, G.: The principles of universal design. North Carolina State University, The Center for Universal Design
  2. http://www.ncsu. edu/project/design-projects/udi/center-for-universal-design/theprinciples-of-universal-design/(1997)
  3. Republik Indonesia. 2017. Permen PUPR Nomor 14/PRT/M/2017 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung. Jakarta. Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.