skip to main content

MANADO CREATIVE HUB

*SANY RISKY SIKADI  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Kota Manado telah mengalami lonjakan pengunjung yang mencapai 300 persen dalam 5 tahun terakhir. Berdasarkan artikel MANADOPOST.ID, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama menginginkan adanya Creative Hub di daerah - daerah salah satunya yaitu di Kota Manado. Dalam hal pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, saat ini dinas pariwisata kota Manado Lenda Palealu akan berfokus pada lima subsektor, yaitu Fotografi, fesyen, kuliner, musik dan kriya. Menurut departemen perdagangan pada studi pemetaan industri kreatif tahun 2007 dalam buku Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025 (2008) industri kreatif adalah: “Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.” Tujuan adanya creative hub di kota Manado adalah untuk memajukan industry kreatif nasional dan lokal. Dengan adanya bangunan creative hub di Manado, komunitas – komunitas kreatif dan juga pelaku – pelaku start up di di industri kreatif memiliki tempat untuk berkarya dan juga memamerkan karya mereka..
Fulltext View|Download
  1. Council, British. 2017. Enabling Spaces : Mapping Creative Hubs in Indonesian. Jakarta : Centre for Innovation Policy and Governance
  2. Milovanovic, Irena. 2018. Creative hubs the future of the creative economy dalam https://medium.com/@irenamilovanovic/creative-hubs-the-future-of-the-creative-economy -aafaa6145a97. Diakses pada tanggal 8 April 2021
  3. Peraturan daerah kota Manado No.1 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Manado Tahun 2014 – 2034

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.