skip to main content

KAMPUS 1 HIDAYATULLAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL SEMARANG

*KHANSA ANISAH LABIBAH  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah (LPI Hidayatullah) merupakan salah satu lembaga pendidikan islam yang berada di Kota Semarang. Dibawah naungan Yayasan Abul Yatama, LPI Hidayatullah berdiri sejak 15 Mei 1988. Hingga saat ini Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah (LPIH) yang meliputi QBS, KBTK, SD, SMP, SMA serta MADIN dan juga TPQ. Dalam keberjalanannya LPI Hidayatullah selalu berusaha mengoptimalkan visi dan misi dan salah satu upaya dengan rencana adanya pengembangan sekolah islam berbasis asrama/boarding school khusus putra jenjang sekolah menengah atas dengan konsep santri mandiri melalui pendidikan life skills. Sementara itu menurut penelitaian Yuniar et al (2016), Setiap tahunnya 5-10% dari santri di pondok pesantren/boarding school mengalami masalah dalam proses penyesuaian diri, permasalahan yang sering terjadi jenuh dan stress dengan sistem pendidikan dipesantren yang monoton dan hampir 24 jam ditambah dengan peraturan yang ketat di pondok pesantren.
Oleh karena itu, sebagai upaya pengoptimalan visi dan misi LPI Hidayatullah dibutuhkan perencanaan dan perancangan bangunan sekolah islam berasrama berbasis pendidikan life skills. Konsep perencanaan dan perancangan mempertimbangkan aspek arsitektural yang dapat memenuhi unsur keamanan, dan kenyamanan dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Biofilik. Sehingga pembangunan Islamic Boarding School dapat memfasilitasi siswa dan tenaga pendidik secara aman dan nyaman, agar pengguna dapat melakukan semua aktifitas secara maksimal dan tingkat stress dan kebosanan berkurang.

Fulltext View|Download
  1. Departemen Agama. 1984. Standarisasi Sarana Pondok Pesantren. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  2. Kellert, S. R. 2005. Building for Life : Designing and Understanding the Human-Nature Connection. Island Press, Washington DC
  3. O'Brien, L., & Murray, R. (2007). Forest School and its impacts on young children: Case studies in Britain. Urban Forestry & Urban Greening, 6(4), 249-265
  4. Menteri Pendidikan Nasional. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta, DKI
  5. Jakarta, Indonesia
  6. SNI 03-1730-2002 : Tata Cara Perencanaan Bangunan Gedung Sekolah Menengah Umum
  7. Soderlund, J. and Newman, P. 2015. Biophilic architecture: a review of the rationale and outcomes. AIMS Environmental Science

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.